Dipromosikan Ke 16 Negara, Festival Danau Sentarum Mendunia dan Memiliki Penggiat Alam hingga Budaya -->

Dipromosikan Ke 16 Negara, Festival Danau Sentarum Mendunia dan Memiliki Penggiat Alam hingga Budaya

13/09/2022, 9/13/2022
Dipromosikan Ke 16 Negara, Festival Danau Sentarum Mendunia dan Memiliki Penggiat Alam hingga Budaya
Panorama wisata alam Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.
BorneoTribun, Kapuas Hulu - Festival Danau Sentarum Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat  akan diselenggarakan pada 22 hingga 26 Nopember 2022, di Kecamatan Batang Lupar yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu Ismunadi mengatakan bahwa potensi wisata Danau Sentarum sudah dipromosikan ke 16 negara dan perguruan tinggi luar negeri. Terlebih lagi memiliki penggiat alam dan budaya.

Dikatakannya, promosi potensi wisata dan Festival Danau Sentarum itu disampaikan melalui Deputi Pemasaran Pariwisata ke 16 negara itu, yakni, Australia, Perancis, Jerman, Belanda, Inggris, Swedia, Malasyia, Singapura, Korea, Japan, China, Taiwan, Rusia, Amerika, Croasia dan Brunei Darussalam.

Dia berharap dengan dilakukannya promosi itu dapat menarik perhatian wisatawan mancanegara pada pelaksanaan Festival Danau Sentarum mendatang.

Menurutnya, Festival Danau Sentarum merupakan agenda tahunan di Kapuas Hulu yang bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata serta adat dan budaya di Kapuas Hulu.

Dia mengatakan dalam Festival Danau Sentarum mendatang akan menampilkan kearifan lokal potensi alam Kapuas Hulu seperti karnaval adat budaya, parade minum kratom madu, lomba perahu bidar khas Kapuas Hulu, lomba duta wisata.

Selanjutnya, lomba cipta kreasi tarian daerah, susur danau, panen madu danau, lomba tradisional gasing, lomba menyumpit, bersepeda di jantung Borneo, lomba motor cross, hiburan rakyat, explore danau Sentarum, konser etnik musik sape, hiburan artis ibu kota dan daerah dan ritual adat suku di pulau melayu.

"Selain panorama alam Danau Sentarum, kearifan lokal memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan, sehingga perlu terus kita lestarikan," kata dia, Senin (12/9/2022).

Dia berharap dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan kegiatan Festival Danau Sentarum, termasuk lapisan masyarakat khusus di sekitar kawasan wisata Danau Sentarum.

"Kami harapkan banyak wisatawan datang untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga perlu dukungan dan sinergisitas dari semua pihak," pinta Ismunadi.

Danau Sentarum berada di kawasan Taman nasional yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

(yk/ant/tt)

TerPopuler