Latihan Anti Anarkis Satbrimob Polda Kalbar: Meningkatkan Keamanan dalam Aksi Unjuk Rasa -->

Latihan Anti Anarkis Satbrimob Polda Kalbar: Meningkatkan Keamanan dalam Aksi Unjuk Rasa

12/09/2023, 9/12/2023
Latihan Anti Anarkis Satbrimob Polda Kalbar: Meningkatkan Keamanan dalam Aksi Unjuk Rasa.
PONTIANAK – Satuan Brimob Polri, khususnya Satbrimob Polda Kalimantan Barat (Kalbar), terus gencar melatih dan mengasah kemampuan personelnya demi meningkatkan tingkat profesionalisme, keterampilan, dan kemampuan operasional. Pada Selasa, 12 September 2023, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar kembali menggelar latihan kemampuan Anti Anarkis di markas mereka.

Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi personel, tetapi juga untuk mencegah terjadinya kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas lapangan yang dapat mengakibatkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum lainnya. Selain itu, latihan ini juga dirancang untuk membangun rasa percaya diri personel, terutama dalam mengamankan demonstrasi di lapangan.

Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar, Kompol Efadhoni Lilik Pamungkas, S.H., S.I.K., menekankan pentingnya pendampingan komandan kepada personel selama latihan dan pentingnya instruktur memberikan materi-materi terbaru seiring dengan petunjuk dan arahan dari Korp Brimob Polri.

"Saya minta kepada rekan-rekan sekalian untuk serius dalam pelaksanaan kegiatan latihan ini dengan tujuan agar apa yang disampaikan oleh instruktur kepada kalian bisa kalian serap dan kalian pahami karena latihan ini merupakan salah satu modal kalian pada saat pelaksanaan tugas di lapangan nanti karena tugas kita ke depan semakin berat dan kompleks. Sebagai pasukan elite yang dimiliki oleh institusi Polri kita dituntun untuk serba bisa," ungkap Danyon B Pelopor.

Aiptu Edi Susilo, instruktur yang bertanggung jawab pada pelaksanaan latihan, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari rutinitas personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar. 

Selain meningkatkan keterampilan, tujuannya juga untuk mempersiapkan personel menghadapi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang tahun politik 2024 serta untuk merespons kebutuhan satuan kewilayahan dengan sigap.

TerPopuler