Pemkab Bengkayang Cari Solusi Smpn 4 Agar Saat Belajar Tidak Melantai -->

Pemkab Bengkayang Cari Solusi Smpn 4 Agar Saat Belajar Tidak Melantai

12/08/2022, 8/12/2022
Pemkab Bengkayang Cari Solusi Smpn 4 Agar Saat Belajar Tidak Melantai
Anggota DPRD dan Disdikbud Bengkayang berkoordinasi terkait penyediaan fasilitas belajar di SMPN 4 Bengkayang.
KAPUASNEWS.id, Bengkayang - Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat secara bersama dengan cepat mencari solusi untuk SMPN 4 Bengkayang agar saat belajar siswanya tidak menumpang dan melantai.

"Upaya kami saat ini agar cepat mencari solusi pertama telah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Bengkayang. Hal itu dalam rangka menindaklanjuti terkait isu pelajar di SMP Negeri 4 yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan segala keterbatasan fasilitas seperti duduk melantai dan sebagainya," ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bengkayang, Martinus Khiu saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Khiu memastikan rapat koordinasi  baik DPRD maupun Disdikbud bakal melakukan langkah-langkah strategis untuk memenuhi keinginan orang tua maupun dewan guru di SMP Negeri 4 Bengkayang. 

"Harapan kita, ini bisa segera dilaksanakan sehingga persoalan-persoalan yang ada bisa segera teratasi. Sehingga pelajar kita bisa lebih mudah untuk menyerap dan menerima ilmu pelajaran dengan baik," ungkap Khiu. 

Kemudian dalam waktu dekat ini Khiu meminta kepada Disdikbud untuk segera melakukan pengadaan barang dan jasa sarana belajar sekolah untuk SMPN 4 Bengkayang. Pengadaan tersebut dilakukan di tahun 2022 ini, mengingat proses pembelajaran sudah memasuki triwulan ketiga. Khiu dalam hal itu juga  menyebutkan, bahwa penyerapan anggaran di Disdikbud masih rendah di angka 24 persen. 

"Ini menjadi perhatian kita bersama termasuk Disdikbud sebagai OPD  teknis, supaya akselerasi pengadaan barang dan jasa dipacu sehingga penyerapan anggaran kita akan semakin baik," kata dia.

Sementara langkah jangka panjang yang diambil pemerintah dalam menjawab permintaan dan keluhan sekolah di SMPN 4 Bengkayang, di tahun anggaran 2023 pemerintah akan membangun  Unit Sekolah Lalu Lengkap (USLL) yang berbasis dengan kearifan lokal,  dan ramah lingkungan. 

"Ini sekolah yang menurut kita setuju, dan walaupun SMPN 4 sekarang ini menjadi persoalan tetapi nanti akan menjadi sekolah unggulan terkhusus tingkat SMP di kecamatan Bengkayang," papar Khiu. 

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono turut mengapresiasi seluruh pihak, terutama masyarakat yang tergabung dalam komite sekolah karena memiliki atensi yang luar biasa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Bengkayang. 

"Termasuk juga jajaran DPRD yang turut andil dalam membangun sinergit antara lembaga terkait dan kita dari OPD teknis," katanya. 

Ia memastikan pihaknya sudah mengambil langkah strategis. Salah satunya adalah dengan mengutamakan pengadaan  fasilitas pendidikan. 

"Selain SMP 4 Bengkayang, sekolah lain juga akan jadi perhatian sesuai dengan kapasitas dan kemampuan keuangan daerah. Jadi mana yang urgensi itu yang akan kita prioritaskan," sambungnya. 

Khusus untuk SMP Negeri 4 Bengkayang, Ia menegaskan dalam waktu dekat, pihaknya bakal melakukan penyediaan fasilitas pendidikan dengan ketersediaan anggaran yang ada saat ini. 

"Mudah-mudahan nanti bisa tercukupi untuk kurang lebih 300 siswa di SMP Negeri 4 Bengkayang, mulai kelas 7 sampai 9. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan konsentrasi bagi para pelajar," sebut dia.

(DD/ANT)

TerPopuler