BKSDA Kalbar Melepasliarkan Burung Kacer Liar Di Gunung Poteng Singkawang -->

BKSDA Kalbar Melepasliarkan Burung Kacer Liar Di Gunung Poteng Singkawang

08/08/2022, 8/08/2022
Pelepasan burung kacer oleh BKSDA Kalbar di kaki Gunung Poteng CA Raya Pasi Singkawang.
Pelepasan burung kacer oleh BKSDA Kalbar di kaki Gunung Poteng CA Raya Pasi Singkawang.

KAPUASNEWS.id Pontianak, Kalbar - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Barat melepasliarkan 30 ekor burung kacer di kaki Gunung Poteng, CA Raya Pasi Singkawang.

"Pelepasliaran 30 ekor burung kacer (Copsychus Saularis) ini merupakan bentuk 'sedekah alam' dalam rangka Roadshow Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022," kata Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Noor Adirahmanta, Minggu.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkaya populasi burung kacer di alam guna menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.

Menurut dia, puluhan burung yang dilepasliarkan tersebut merupakan hasil dari CV. Rangkong merupakan salah satu peternak binaan BKSDA Kalbar.

"Terbang bebas dan kembali ke rumah Anda di alam," katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro mengatakan, keberadaan Cagar Alam Gunung Raya Pasi termasuk Gunung Poteng merupakan habitat yang sangat baik untuk pelestarian dan penangkaran satwa liar, terutama burung.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Singkawang sangat menyambut baik program pelepasan kembali 30 ekor burung kacer ke alam oleh BKSDA Kalbar,” ujarnya.

“Menikmati kicau merdu burung yang hidup bebas di alam tentu saja merupakan perilaku positif bagi masyarakat daripada menangkap dan memelihara di dalam sangkar,” pungkasnya.

Turut hadir Camat Singkawang Timur, anggota Polsek Singkawang Timur, Kepala Desa Pajintan, Camat Binua Garantukng Dayak Salako, mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan mahasiswa magang dari FMIPA Untan.

(ANT/RO)

TerPopuler