Aksi Sosial meriahkan HUT Ke-77 RI di batas negeri Kalbar -->

Aksi Sosial meriahkan HUT Ke-77 RI di batas negeri Kalbar

12/08/2022, 8/12/2022
Aksi Sosial meriahkan HUT Ke-77 RI di batas negeri Kalbar
Ilustrasi kegiatan bentangkan bendera merah putih di laut, oleh anak muda yang tergabung pada Aksi Sosial dari Kalbar Untuk Indonesia dalam memeriahkan HUT RI.
KAPUASNEWS.id, Pontianak - ​Anak muda yang tergabung dalam Aksi Sosial dari Kalbar untuk Indonesia siap memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, dalam serangkaian kegiatan sosial membantu masyarakat yang berada di batas negeri, yakni Desa Termasuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

"Untuk tahun ini kami akan memfokuskan berbagai kegiatan sosial dalam memeriahkan HUT ke-77 RI di kawasan Desa Temajuk yakni mulai tanggal 13 hingga 17 Agustus," kata Panitia Aksi Sosial dari Kalbar untuk Indonesia, HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Azrul Putra Nanda di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, alasan pihaknya menggelar kegiatan bakti sosial dalam memeriahkan HUT RI, agar kegiatan itu lebih bermanfaat dan juga untuk menggelorakan semangat kemerdekaan bagi generasi muda sekarang, salah satunya dengan membantu masyarakat di kawasan perbatasan atau batas negeri tersebut.
Ilustrasi kegiatan bentangkan Bendera Merah Putih di laut, oleh anak muda yang tergabung pada Aksi Sosial dari Kalbar untuk Indonesia dalam memeriahkan HUT RI. 

"Kegiatan kami tidak hanya juga sebatas di batas negeri, tapi juga berbagai kegiatan lainnya yang akan digelar di Kota Pontianak dan sekitarnya," ujarnya.

Adapun berbagai kegiatan aksi sosial dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 RI itu di antaranya sunatan massal bagi anak di batas negeri di Badau, Kapuas Hulu 16-17 Juli 2022 (sudah diselenggarakan), sunatan massal Merah Putih di Pontianak 6-7 Agustus (sudah diselenggarakan), sunatan massal bagi anak di batas negeri dan Bentang Bendera Merah Putih di Laut di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, pada Sabtu (13/8) mendatang.

Kemudian ekspedisi super kurban Merah Putih di batas negeri dan sembako Merah Putih di Desa Temajuk, pada Minggu (14/8). Gelar pangan kemerdekaan (gelar pangan murah dan lokal) di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar Jalan Adisucipto pada Senin (15/8).

"Kemudian sembako Merah Putih untuk anak yatim dhuafa pada hari Rabu (17/8) setelah upacara bendera di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, donor darah, bantuan ke panti asuhan pada Kamis (18/8), dan penanaman pohon," ujarnya.

Azrul menambahkan, berbagai kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya juga telah dilakukan dalam memeriahkan HUT RI, di antaranya membentangkan Bendera Merah Putih di Jembatan Kapuas, Kota Pontianak, kemudian menggelar Upacara Merah Putih di tengah Sungai Kapuas Pontianak, membentang Bendera Merah Putih di laut Kabupaten Bengkayang, membentang Bendera Merah Putih di Waterfront Pontianak, serta membentang Bendera Merah Putih di ekor Pulau Kalimantan, di DesaTemajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

"Kami berharap dengan para generasi muda sebagai penerus bangsa bisa memaknai HUT RI tidak sekadar seremonial, tetapi bisa dengan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat kita yang memang membutuhkannya," katanya.

(AD/ANT)

TerPopuler