Bersama BKKBN Sintang, Kodim 1205/Sintang Laksanakan Program KB Kesehatan -->

Bersama BKKBN Sintang, Kodim 1205/Sintang Laksanakan Program KB Kesehatan

21/05/2024, 5/21/2024
Foto: Gandeng BKKBN Kabupaten Sintang, Kodim 1205/Sintang Laksanakan Program KB Kesehatan.

SINTANG - Kodim 1205/Sintang menggelar kegiatan KB Kesehatan semester I tahun 2024, program ini mengusung tema "TNI AD Bersama Rakyat Wujudkan Keluarga Berencana Yang Berkualitas". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Puskesmas Pembantu Lengkenat, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Selasa (21/5/2024).

Program KB Kesehatan yang dilaksanakan ini bersinergi langsung dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Sintang dengan dihadiri oleh Aster Kasdam XII/Tanjungpura yang diwakili Pasiter Korem 121/Abw Mayor Kav Edison, Direktur Bina Kesetaraan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN Dr. Fajar Firdawati, Kepala Dinas DKBP3A Kabupaten Sintang Maryadi, Dandenkesyah 12 04 01 Stg serta Forkopimcam dan undangan lainya.

Pasiter Korem 121/Abw mengatakan bahwa program ini dilaksanakan dalam rangka menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya program KB Kesehatan dalam rangka membantu pemerintah menangani permasalahan kependudukan serta mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan sekaligus untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Secara umum sasarannya ialah terkendalinya perkembangan reproduksi remaja, terkendalinya laju pertumbuhan penduduk, meningkatnya ketahanan keluarga, serta terbangunnya kelembagaan dan jaringan pengelolaan program KB," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan,
keberhasilan dalam program KB merupakan keterlibatan seluruh komponen melalui program-program yang lintas instansi bersifat koordinatif dan sinergis, bahkan realitas di lapangan memperlihatkan bahwa kesadaran masyarakat untuk berKB baik dalam memilih alat kontrasepsi serta mengarahkan keluarga-keluarga agar menjadi keluarga yang sejahtera dan berkualitas merupakan proses panjang yang berkelanjutan dan melibatkan para pihak, pemangku kepentingan, relawan, provider serta adanya komitmen dari pemerintah maupun tokoh agama dan masyarakat.

Sementara itu, Pasiter Kodim 1205/Sintang Kapten Inf Didik secara terpisah mengungkapkan bahwa kegiatan KB Kesehatan ini selain menjadi salah satu program Kodim 1205/Sintang, kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian TNI untuk mencapai sasaran percepatan revitalisasi program KB Kesehatan secara maksimal dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas.

"Tentu melalu kegiatan ini diharapkan dapat semakin menguatkan sinergitas antara TNI, Pemerintah dan dinas terkait dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sintang dengan mensukseskan program KB Kesehatan ini," Pungkasnya.

(Pendim1205)

TerPopuler