Menilik Program Prioritas Desa Engkersik Tahun 2024 -->

Menilik Program Prioritas Desa Engkersik Tahun 2024

02/03/2024, 3/02/2024
Foto: Kepala Desa Engkersik, Sukardiyanto.

SEKADAU - Pemerintah Desa Engkersik, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau telah menetapkan program prioritas tahun 2024 sesuai hasil Musrenbang tingkat dusun Dusun dan Musrenbang tingkat Desa.

Selain itu, Program Prioritas tersebut juga menyesuaikan dengan ADD dan DD Desa Engkersik Tahun Anggaran 2024.

Kepala Desa Engkersik, Sukardiyanto menjelaskan Desa Engkersik tahun 2024 mendapatkan kucuran anggaran ADD sebesar Rp. 652.024.841,- (enam ratus lima puluh dua juta dua puluh empat ribu delapan ratus empat puluh satu) yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Sementara Dana Desa (DD) Desa Engkersik tahun 2024 sebesar Rp. 1.210.279.000 (Satu miliar dua ratus sepuluh juta dua ratus tujuh puluh sembilan ribu).

"Tahun ini ADD Desa Engkersik mengalami penurunan," jelas Kades, Jumat (1/3/2024) kepada Kapuas news.id.

Berikut daftar program prioritas Desa Engkersik tahun 2024;

1. Program Ketahanan Pangan berupa bantuan hewani yang diperuntukkan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE),

2. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang menyasar 27 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan tujuan menekan angka inflasi dengan program pengentasan kemiskinan ekstrim,

3. Percepatan ODF dan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) supaya dapat mewujudkan Desa yang bersih menuju Desa yang layak Maju dan Mandiri,

4. Penurunan Stunting yang dimulai dari Posyandu, BKB dan PMT khusus ibu hamil, untuk saat ini masih terdapat warga masuk kategori Stunting,

5. Balai Kemasyarakatan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi pembangunan Desa Engkersik, dan

6. Pengembangan unit usaha yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewujudkan kemandirian desa dalam mengembangkan Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Engkersik.

Sementara Sekdes Engkersik, Joni Frankustus juga menjelaskan, selain program prioritas, Pemerintah Desa Engkersik juga memiliki program unggulan lainnya.

"Kita berharap program yang telah kita buat dapat berjalan semaksimal mungkin. Khusus BUMDes, kita berharap tidak hanya dilingkungan desa tapi bisa merambah ke pelaku usaha rumahan demi meningkatkan perekonomian masyarakat," Imbuh Joni. (Rh)

TerPopuler