Pergeseran Pasukan, 174 Personel Dikerahkan Pengamanan TPS Pemilu 2024 -->

Pergeseran Pasukan, 174 Personel Dikerahkan Pengamanan TPS Pemilu 2024

12/02/2024, 2/12/2024
Foto : Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024.

SEKADAU - Polres Sekadau menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024. Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., di halaman Mapolres Sekadau, Minggu (11/2/2024) pagi.

Sebanyak 174 personel Polres Sekadau dikerahkan untuk mengamankan 698 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sekadau. Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan jalannya pemungutan dan penghitungan suara.

“Peran Polri dalam pemilu ini sangatlah penting, yaitu untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” tegas Kapolres Sekadau.

Untuk memperkuat pengamanan, Polres Sekadau juga dibantu oleh 30 personel Brimob Polda Kalbar sebagai Power On Hand (POH). Selain itu, personel Dalmas Polres Sekadau juga disiagakan untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga.

Kapolres Sekadau memberikan arahan tegas kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan TPS. Di antaranya, melakukan pengecekan lokasi TPS dan memastikan kesiapannya pada H-1 pemungutan suara.

Memahami pola pengamanan TPS dan memastikan kelengkapan peralatan. Menjamin keamanan surat suara, kotak suara, dan logistik pemilihan lainnya. Berkoordinasi dengan KPPS dan petugas TPS lainnya.

Mencatat dan memonitor potensi konflik, serta melaporkannya melalui aplikasi atau kepada Polsek dan Polres untuk antisipasi.

Mengamankan perhitungan suara dengan seksama dan melaporkan dinamika yang berpotensi memancing kerawanan. Menjaga netralitas dan profesionalisme dalam bertindak dan siap menjaga demokrasi.

Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama menekankan bahwa tugas pengamanan TPS merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

“Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, dan profesionalisme. Kita jaga bersama demokrasi di Kabupaten Sekadau agar berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” pungkas Kapolres.

Selain mengerahkan personel untuk mengamankan TPS, Polres Sekadau telah mendirikan posko pengamanan Operasi Mantap Brata kapuas di Polres Sekadau dan Polsek jajaran, Posko ini akan berfungsi sebagai pusat kendali dan koordinasi pengamanan selama berlangsungnya pemilu.

Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kelancaran pemilu 2024.

“Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan damai, sehingga pemilu dapat berjalan dengan sukses,” imbau Kapolres. (Hms Res Skd)

TerPopuler