Heboh,, Kecewa Caleg Promosinya Gagal Raup Suara, Kades Tanjungpasar Cabut Tiang Listrik Bantuan Parpol -->

Heboh,, Kecewa Caleg Promosinya Gagal Raup Suara, Kades Tanjungpasar Cabut Tiang Listrik Bantuan Parpol

28/02/2024, 2/28/2024
Foto: Tiang listrik tenaga surya yang tumbang.

KETAPANG - Warga desa Tanjungpasar kecamatan Muara Pawan Ketapang dibuat bertanya tanya atas gelapnya jalan mereka, karena peristiwa ini baru pertama kalinya terjadi.

Sebab, sebelumnya sudah bertahun tahun jalan mereka terang benderang lantaran dipasang lampu jalan atas bantuan dari Partai Golkar pada tahun 2019. 

Menurut keterangan warga, pemadaman listrik jalan itu karena tiang listrik beserta instalasi listriknya dicabut oleh orang suruhan Kades (kepala desa) mereka bernama Rusmin Nuryadin. 

Dari beberapa informasi yang didapat yang berasal dari warga setempat, Rusmin Nuryadin diduga menjadi tim sukses caleg dari Partai Golkar Daerah Pemilihan Ketapang Satu pada Pileg 2024.

Oleh karena caleg yang diusungnya gagal menang di desa mereka. Warga menduga, Kades melalui orang suruhanya melakukan aksi pencabutan tiang listrik sebagai wujud kekecewaan. 

"Yang padamkan itu pak Kades, melalui orang suruhanya. Tapi mungkin dia kan timses caleg waktu kemarin dan calegnya kalah disini dan caleg itu berasal separtai dengan yang memberi bantuan lampu itu," kata Ujang Brondol saat menghubungi Kapuasnews.id, Rabu malam (28/02/24).

Menurut dia, gelapnya jalan didesa mereka diketahui saat warga melintas dan melihat bekas pondasi tiang listrik sudah rusak. 

Usut punya usut, ternyata tiang beserta instalasi listrik sudah dicabut oleh orang suruhan bersama dengan kades pada Rabu malam (28/02/24) sekitar pukul 6 petang. 

"Orang yang mencabut mengatakan, tiang itu akan dipasang ketempat lain," ucap dia. 

Warga tidak terima aksi kades mencabut tiang listrik itu karena menurut warga, tiang listrik tersebut tidak ada kaitan dengan urusan pemilu tahun 2024 ini. 

"Inikan bantuan tahun 2019 dari pak Maman. Sedangkan caleg yang diusungnya tahun ini, tentu tidak ada kaitan sama sekali. Lagipula tiang listrik itu kan dibangun dari duit negara melalui aspirasi pak Maman itu," ucap warga lainya berinisial RT. 

Warga menyayangkan sikap Kades Rusmin Nuryadin yang semena mena, mengkaitkan bantuan yang sudah lama diberikan dengan urusan politik saat ini. 

Warga berharap agar persoalan politik saat pemilu tidak membuat hubungan bermasyarakat menjadi tidak harmonis.

"Karena kita tinggal di kampung, masih terbilang kerabat sanak famili dalam satu kampung tidak pantas hal begini merusak hubungan kekeluargaan di masyarakat. Aplagi beliau di tuakan disini," pungkas warga. (Ms)

TerPopuler