Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Presiden RI di Wilayah Provinsi Kalbar -->
Iklan

Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Presiden RI di Wilayah Provinsi Kalbar

24/11/2023, 11/24/2023
Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Presiden RI di Wilayah Provinsi Kalbar.
PONTIANAK – Jelang kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo, TNI-POLRI Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Gelar pasukan untuk persiapan pengamanan rencana kunjungan Presiden RI di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dipimpin oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol. Roma Hutajulu S.I.K., M.Si. dan Kasdam XII Tanjungpura Brigjend TNI Yufti Sanjaya S.E, M.Si bertempat di lapangan Makodam XII/Tanjungpura. Kamis (23/11).

Sebanyak 2.750 personel gabungan TNI-Polri dilibatkan pada pengamanan kunjungan Presiden RI di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Kasdam XII/Tanjungpura dalam sambutannya menyampaikan Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan dari masing-masing Subsatgas secara keseluruhan baik personil material maupun sarana pendukung lainnya.

"Saya selaku Pangkogasgabpadpam berharap kepada Dansatgaspam dan masing-masing komponen Subsatgas yang sudah ditunjuk dapat mengorganisir kekuatannya dengan baik, menyampaikan tugas dengan jelas dan terperinci kepada anggota serta mampu mengendalikan situasi dan kondisi dalam pelaksanaannya," ujar Kasdam XII/Tanjungpura.

Wakapolda Kalbar dalam sambutannya menyampaikan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Barat dan gladi rangkaian merupakan wujud pengecekan akhir atau persiapan personil gabungan TNI/Polri dan instansi terkait maupun sarana dan prasarana sehingga diharapkan tercipta kesepahaman dan koordinasi yang solid.

"Diantara seluruh pihak dalam mengamankan Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan di Bumi Khatulistiwa, perlu kita ketahui bersama mulai tanggal 24 November s.d. 29 November 2023 Kalimantan Barat akan menjadi tuan rumah atas terselenggaranya kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-32 dan munas KOHATI ke-25. Event tersebut secara khusus mengundang Bapak Presiden Republik Indonesia untuk membuka pelaksanaan Kongres itu secara resmi," ujar Wakapolda Kalbar.

Wakapolda menambahkan semua hal tersebut harus dipersiapan dan dikelola dengan baik mulai dari pengaman Presiden RI beserta rombongan tiba hingga kepulangan, rute mobilisasi lokasi peristirahatan dan penyiapan acara sehingga faktor keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama.

"Kunjungan kerja Presiden ke Kalimantan Barat merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua karena di antara kesibukan sebagai Kepala Negara beliau berkenan menyempatkan diri hadir di Kalimantan Barat," jelasnya.

TerPopuler