Pasukan Merah Suku Dayak Siaga Di Tugu Juang Tumbang Titi -->

Pasukan Merah Suku Dayak Siaga Di Tugu Juang Tumbang Titi

26/10/2023, 10/26/2023
Pasukan Merah Suku Dayak Siaga Di Tugu Juang Tumbang Titi.
KETAPANG - Momen penetapan kecamatan Tumbang Titi sebagai kota juang oleh Bupati Ketapang, Komandan Kodam dan pejabat gubernur Kalbar turut di jaga oleh pasukan Tariu Borneo atau dikenal dengan sebutan pasukan merah. 

Puluhan pemuda berumur belasan sampai 30 tahunan itu berbaris rapi saat momen penandatanganan prasasti penetapan kecamatan Tumbang Titi sebagai daerah lahirnya pejuang atau sebagai kota juang. 

Kehadiran pasukan merah menarik perhatian ratusan orang yang hadir di acara tersebut lantaran, momen semeriah ini baru pertama kali terjadi di tempatnya  terutama keberadaannya pasukan merah. 

Antonius, salah seorang warga Tumbang Titi mengatakan bangga dan senang melihat aubade pasukan merah. Ia berujar, pemuda di pasukan merah itu adalah warga Tumbang Titi. 

"Pasukan merah yang hadir saat ini kebanyakan anak-anak dari Tumbang Titi, kami bangga dan senang lihatnya, ada komunitas pemuda yang menjaga adat dan tradisi suku kami," katanya saat diwawancarai,  Rabu (25/10/23) di Tumbang Titi. 

Sebelumnya, prosesi penandatanganan monumen itu dilakukan oleh Panglima Kodam (Pangdam) Kalbar Mayjend Iwan Setiawan di alun-alun kota kecamatan Tumbang Titi yang saat ini sudah terbangun tugu juang simbol perlawan anak daerah terhadap kolonial belanda pada era 1814.

Acara itu dalam rangkaian kegiatan Napak Tilas Ketapang tahun 2024 yang dipusatkan di Tumbang Titi.  

Penulis: Muzahidin

TerPopuler