32 Peserta Ikuti Diklat Calon Paskibraka Kabupaten Sekadau -->
Iklan

32 Peserta Ikuti Diklat Calon Paskibraka Kabupaten Sekadau

08/08/2023, 8/08/2023
32 Peserta Ikuti Diklat Calon Paskibraka Kabupaten Sekadau.
SEKADAU - Dalam rangka mempersiapkan upacara pengibaran bendera pusaka pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau melalui Bidang Kepemudaan menggelar acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sekadau. Kegiatan berlangsung di Aula Kateketik, Kecamatan Sekadau Hilir.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan ritual Tantingan, yaitu penyiraman air bunga kepada setiap peserta oleh para penyelenggara. Upacara ini disusul dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau.

Sebanyak 32 peserta, terdiri dari 17 putra dan 15 putri, berpartisipasi dalam diklat ini. Mereka berasal dari setiap kecamatan di Kabupaten Sekadau, mewakili semangat kebangsaan dari seluruh wilayah.

"Kegiatan diklat ini akan berlangsung mulai dari tanggal 7 Agustus hingga 18 Agustus mendatang," ujar FX. Gandring Panuluh, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau, Senin (7/8/2023).

Selama pelatihan, calon Paskibraka akan menjalani serangkaian latihan di Gedung Kateketik dan Lapangan Upacara Kantor Bupati Sekadau, serta pengukuhan akan dilaksanakan di Gedung Kateketik pada tanggal 16 Agustus.

Bayu Dwi Harsono, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau, menyampaikan selamat kepada para peserta calon Paskibraka dan mengingatkan mereka tentang pentingnya semangat persatuan dan kerja sama dalam menjalankan tugas mereka.

"Dengan disematkannya tanda peserta sebagai calon peserta Paskibraka Kabupaten Sekadau, adik-adik semua secara resmi telah menjadi bagian dari perhelatan penting ini," tambah Bayu.

Kegiatan pembukaan Diklat Calon Paskibraka Kabupaten Sekadau ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau.

Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas peserta dalam peraturan baris berbaris, memperkuat disiplin dan tanggung jawab, serta meningkatkan pengetahuan demi menghasilkan anggota Paskibraka yang profesional dan berkualitas. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta akan siap untuk mengemban tugas penting sebagai bagian dari Paskibraka Kabupaten Sekadau pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia

TerPopuler