Inspirasi "Weekend Getaway" di Thailand -->

Inspirasi "Weekend Getaway" di Thailand

20/10/2022, 10/20/2022
Ilustrasi seorang wanita mengenakan pakaian tradisional khas Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Ilustrasi seorang wanita mengenakan pakaian tradisional khas Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Jakarta - Menjauh sementara dari hiruk pikuk rutinitas kerja bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembalikan semangat yang kendor jelang akhir tahun.

Salah satu inspirasi weekend getaway yang bisa dilakukan adalah pergi liburan ke Thailand karena jarak yang cukup dekat dari Indonesia.
Museum Sanctuary of Truth di Pattaya, Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Museum Sanctuary of Truth di Pattaya, Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Selain itu, Thailand memiliki segudang atraksi destinasi wisata seru yang menawarkan pengalaman getaway menarik selain faktor keterjangkauan budget mengingat nilai tukar rupiah dengan baht tidaklah terlalu besar.

Nyatanya, menurut data online travel agent (OTA) tiket.com, Thailand menjadi tiga teratas destinasi paling diminati untuk penerbangan, akomodasi, dan atraksi luar negeri di tiket.com tahun 2022.
Sajian jajanan khas Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Sajian jajanan khas Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Berikut rangkuman inspirasi weekend getaway yang bisa dilakukan di Thailand selama akhir pekan dimulai dari hari Jumat hingga Senin.

Perjalanan bisa dimulai pada Jumat sore setelah semua urusan pekerjaan usai.

Efektif per 1 Oktober 2022, wisatawan tidak perlu lagi menunjukkan  hasil negatif tes COVID-19, tapi cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi penuh (minimal tiga dosis) untuk memasuki Thailand.

Pattaya, sebuah kota pesisir bisa menjadi destinasi pertama yang dituju.

Jika mendarat di Bandara Don Mueang, maka perjalanan ke Pattaya membutuhkan waktu sekira dua jam, sementara jika dari bandara Suvarnabhumi akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Habiskan Jumat malam dengan merasakan vibes hiburan malam Pattaya. Berjalan di pinggir pantai bertelanjang kaki, merasakan sapuan bulir-bulir pasir pantai dan deburan lirih ombak bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan.
Traditional Thai Massage di Bangkok Spa Experience di Pathumwan Princess Hotel In Bangkok, Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Traditional Thai Massage di Bangkok Spa Experience di Pathumwan Princess Hotel In Bangkok, Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Setelahnya, wisatawan bisa mencicipi makan malam serba seafood di restoran-restoran terdekat atau sekedar mencicipi jajanan kaki lima yang tak kalah nikmatnya.

Kota Pattaya adalah pusat wisata terbesar di Thailand yang terletak di Provinsi Chonburi, Thailand. Selain terkenal sebagai pesisir pantai yang indah dan lengkap dengan kehidupan malam yang gemerlap, ada banyak tempat wisata di Pattaya yang wajib dikunjungi.

Pattaya memiliki sejumlah hotel yang memiliki akses langsung menghadap ke pantai, salah satu rekomendasinya adalah Pattaya Discovery Beach Hotel yang berlokasi di pinggir timur Pantai Pattaya.

Hotel bisa dipesan melalui aplikasi tiket.com dengan harga mulai dari Rp800-an ribu per malam.

Keseruan bisa berlanjut dengan merasakan sensasi berbelanja di pasar terapung dan mengunjungi museum Sanctuary of Truth dengan tiket seharga mulai dari Rp150-an ribu di aplikasi pemesanan.

Suasana sejumlah destinasi wisata di Thailand, khususnya di Pattaya masih sepi namun berangsur pulih.

Belum banyak kios yang buka di pasar terapung di Pattaya Floating Market. Namun, wisatawan sudah berangsur ramai.

Sementara itu, museum Sanctuary of Truth cocok bagi mereka yang ingin meresapi kearifan budaya Thailand karena kemegahan seni ukiran dan makna-makna di baliknya.

Hari selanjutnya, pada Minggu perjalanan bisa dilanjutkan menuju Bangkok. 

Bangkok adalah Ibu Kota Negara Thailand dengan nama resmi terpanjang di dunia: Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Berbagai destinasi wisata bisa dijelajahi di Bangkok, antara lain mengunjungi Mahanakhon Sky Walk, sebuah observatorium tertinggi Thailand di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan 360 derajat Kota Bangkok dari ketinggian lantai 78 dengan total tinggi bangunan 314,2 meter.

Tiket masuk dapat dibeli melalui tiket.com dalam kategori Attractions di produk To Do dengan harga mulai dari Rp100-an ribu.

Setelah seharian menjelajahi kota, Anda belum lengkap jika belum merasakan Traditional Thai Massage untuk menyegarkan diri.

Bangkok Spa Experience di Pathumwan Princess Hotel In Bangkok memberikan penawaran pijat ala Thailand dengan harga mulai dari Rp200-an ribu.

Selanjutnya, pada malam hari, wisatawan bisa menikmati makan malam unik di atas kapal, Chao Phraya Princess Dinner Cruise Bangkok, yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan untuk bisa makan di atas kapal berlayar di sepanjang sungai Chao Phraya.

Akhiri hari dengan beristirahat di hotel yang nyaman. Salah satu rekomendasi hotel yang nyaman untuk istirahat lelap tetapi memiliki ragam fasilitas unik adalah Theme Boutique Hotel yang berlokasi di jantung Kota Bangkok, Pratunam, di mana hanya 10 menit dengan berjalan kaki dari Platinum Fashion Mall dan Pasar Pratunam.

Fasilitas kamar lengkap dengan akses dekat ke pusat belanja dan shopping mall hingga pilihan kamar yang beragam pun disiapkan demi kenyamanan tamu menginap. Hotel bisa dipesan dengan harga mulai dari Rp1 jutaan.

Sandra Darmosumarto, Public Relation Sr. Manager, tiket.com mengatakan bahwa seiring dengan pelonggaran regulasi perjalanan luar negeri yang ditetapkan pemerintah, animo masyarakat untuk berwisata ke berbagai destinasi mancanegara pun terus meningkat.

"Beberapa negara tetangga di antaranya Malaysia, Singapura, dan kini Thailand yang mulai banyak mulai dikunjungi wisatawan luar negeri."

Mengunjungi Thailand terbukti nyaman untuk dilakukan dengan durasi singkat seperti di akhir pekan ataupun tanggal terjepit di hari libur nasional, meski demikian tetaplah menjaga protokol kesehatan dengan senantiasa mengenakan masker dan mencuci tangan setiap saat.

Selain itu, saat di Bangkok wisatawan perlu tetap waspada terhadap keamanan barang-barang pribadi terlebih di tempat keramaian.

Pewarta : Ida Nurcahyani/Antara
Editor : Yakop

TerPopuler