9 Kebiasaan Rutin Yang Akan Mengajari Anda Cara Mengontrol Pengeluaran -->

9 Kebiasaan Rutin Yang Akan Mengajari Anda Cara Mengontrol Pengeluaran

08/10/2022, 10/08/2022
9 Kebiasaan Rutin Yang Akan Mengajari Anda Cara Mengontrol Pengeluaran
9 Kebiasaan Rutin Yang Akan Mengajari Anda Cara Mengontrol Pengeluaran. Gambar istockphoto/karya
KAPUASNEWS.id - Perkenalkan mereka ke dalam hidup Anda secara bertahap agar dapat mengelola uang dengan lebih efisien, tidak terdampar dan mulai menabung.

Simak ada 9 Kebiasaan Rutin Yang Akan Mengajari Anda Cara Mengontrol Pengeluaran:

1. Catat pemasukan dan pengeluaran setiap hari

Ini adalah langkah pertama dan terpenting. Pilih waktu saat Anda merasa paling nyaman untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan: tidak lebih dari lima menit. 

Anda bahkan dapat menyetel jam alarm khusus di ponsel cerdas Anda atau mengaitkan tindakan ini dengan rutinitas Anda yang biasa seperti secangkir teh di malam hari.

Lebih mudah untuk memulai dengan riwayat di aplikasi perbankan, dan kemudian mengingat di mana Anda membayar tunai. 

Cobalah untuk menuliskan pembelian kecil seperti kopi atau masker sekali pakai, karena terkadang jumlah yang mengesankan dihabiskan untuk itu dalam sebulan. 

Memperhitungkan pinjaman akun - dan ketika Anda meminjam beberapa ratus, dan ketika mereka kembali kepada Anda.

Anda dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran dalam buku catatan atau spreadsheet. 

Tetapi lebih nyaman menggunakan aplikasi smartphone : mudah untuk segera membagi pengeluaran ke dalam kategori, melihat statistik, menetapkan batasan, misalnya untuk membeli pakaian atau memesan taksi.

2. Rencanakan pengeluaran Anda

Ketika Anda melacak pendapatan dan pengeluaran setidaknya selama satu atau dua bulan, Anda mulai lebih memahami berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk berbagai kebutuhan: makanan, bahan kimia rumah tangga, makanan dan produk hewan peliharaan lainnya, utilitas, hiburan. Cobalah untuk mengalokasikan jumlah tetap untuk setiap kategori ini - ini akan membantu Anda mengendalikan diri dan tidak menghabiskan terlalu banyak.

Jika sulit untuk merencanakan satu bulan sekaligus, bagilah jumlah di setiap pos pengeluaran menjadi lima bagian. Empat di antaranya akan sesuai dengan empat minggu, dan yang kelima akan sesuai dengan sisa hari dalam sebulan dan pembelian kecil di luar rencana: tiba-tiba Anda melupakan sesuatu atau tidak memperhitungkannya.

Cobalah untuk tetap berpegang pada rencana itu sekuat mungkin, membuat pengecualian hanya sebagai upaya terakhir. Misalnya, jika Anda mengalokasikan 5.000 rubel untuk belanjaan per minggu, dan uang ini sudah habis pada hari Kamis atau Jumat, belilah hanya yang penting sampai hari Senin.

3. Segera kirim sebagian penghasilan ke celengan

Ketika Anda menerima gaji atau penghasilan tetap lainnya, sisihkan 10-15% dalam rekening khusus atau dalam amplop terpisah jika Anda berurusan dengan uang tunai. 

Dengan latar belakang umum, jumlah seperti itu tidak mungkin tampak penting, tetapi dalam jangka panjang itu akan memberi Anda bantalan keuangan.

Perhitungannya sederhana: jika Anda menyisihkan 10% dari semua pendapatan, maka setelah 30 bulan (2,5 tahun) Anda akan dapat memenuhi standar hidup Anda yang biasa, bahkan jika Anda tidak menghasilkan apa-apa selama tiga bulan. Tabungan akan membantu Anda melihat lebih percaya diri ke masa depan dan tidak takut kehilangan pekerjaan mendadak, krisis atau perubahan besar lainnya.

4. Sisihkan dana sisa akhir bulan

Jika Anda salah satu yang beruntung yang menerima SMS berharga dari bank ketika gaji sebelumnya belum berakhir di kartu, kirim saldo ke rekening terpisah, misalnya, ke rekening tabungan . 

Jadi Anda akan terhindar dari godaan untuk segera menghabiskan banyak uang, membenarkan diri Anda dengan fakta bahwa dana yang diterima pasti akan cukup untuk sebulan.

Seringkali fungsi celengan ada dalam aplikasi perbankan. Anda dapat menentukan jumlah tetap atau persentase pendapatan yang ingin Anda sisihkan dan itu akan terjadi secara otomatis.

Memuji diri sendiri karena berhemat, tentu saja sepadan. Dan kemudian tetapkan tujuan untuk bulan itu: katakanlah jika Anda memiliki sisa 3 ribu rubel, maka akan sangat bagus untuk meningkatkan jumlahnya menjadi 5 ribu di lain waktu.

5. Tentukan di mana Anda akan mengirim "uang gratis"

Bonus, retasan yang berhasil, hadiah dalam amplop atau beberapa ribu di jaket musim dingin adalah pendapatan yang tidak direncanakan yang biasanya tidak kita andalkan. Mereka bisa menjadi sumber tabungan lain - dan langkah penting menuju kemandirian finansial.

Tetapi menyimpan penghasilan seperti itu sangat sulit - Anda harus mengakui, ini tidak memotivasi Anda untuk mengambil pekerjaan paruh waktu lain atau menimbulkan keinginan untuk menutup mata terhadap aturan keuangan dan menikmati hidup. 

Tetapi jika Anda menentukan untuk apa Anda ingin membelanjakan uang ini, itu akan menjadi lebih mudah untuk ditabung. 

Misalnya, Anda dapat mengumpulkan untuk perjalanan atau konstruktor untuk orang dewasa yang telah lama Anda impikan.

6. Tutup pinjaman - atau setidaknya buat rencana untuk membayarnya kembali

Bunga pinjaman adalah biaya tambahan yang sangat ingin kami hindari. Semakin cepat Anda melunasi pinjaman, semakin sedikit Anda membayar lebih. 

Oleh karena itu, ada baiknya mendorong dan menyingkirkan pinjaman, setidaknya dari yang paling tidak menguntungkan - pinjaman mikro dan hutang kartu kredit .

Periksa dengan cermat utang apa yang Anda miliki dan berapa banyak yang harus Anda bayar sekarang. Jika tidak realistis untuk mengumpulkan seluruh jumlah dalam waktu dekat, pikirkan tentang apa yang dapat Anda hemat dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi kreditur. Coba juga untuk membiayai kembali pinjaman besar - temukan program dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

7. Cobalah untuk tidak meminjam atau meminjamkan

Ketika Anda meminjam, itu berarti Anda tidak dapat mengatasi situasi saat ini dan membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan. 

Ketika Anda setuju untuk meminjamkan uang, Anda memasukkan ketidakpastian ke dalam rencana keuangan Anda - lagi pula, Anda tidak pernah tahu secara objektif apakah jumlah tersebut akan dikembalikan kepada Anda tepat waktu atau tidak.

Karena itu, lebih baik melakukannya tanpa pinjaman dan hutang - setidaknya sampai Anda mengendalikan anggaran Anda. 

Jika tanpa ini tidak berhasil - misalnya, Anda lupa dompet di rumah, tetapi benar-benar ingin membeli makan siang di kantin kantor - buat aturan untuk membayar hutang pada hari berikutnya atau setidaknya dalam seminggu.

8. Secara teratur mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan

Pikirkan tentang cara menjual waktu dan keterampilan Anda secara menguntungkan. Misalnya, Anda dapat mendaftar ke layanan taksi dan mengantar penumpang ke dan dari tempat kerja. 

Atau ajak anjing tetangga jalan-jalan jika Anda akan menghabiskan waktu di luar rumah.

Terakhir, Anda dapat mencoba memonetisasi hobi Anda . Hasilnya, Anda akan menikmati proses yang mengasyikkan dan bonus finansial dari hasilnya.

9. Jangan menyerah pada pembelian yang direncanakan

Kebetulan Anda menabung untuk sesuatu yang mengesankan, misalnya, untuk mesin pencuci piring, dan kemudian ada yang tidak beres dan dana yang ditangguhkan pergi ke hal-hal yang sama sekali berbeda. 

Mengumpulkan uang lagi tidak akan mudah - terutama secara psikologis.

Oleh karena itu, pembelian yang direncanakan harus ditinggalkan hanya dalam situasi yang sangat kritis - misalnya, jika perawatan mendesak diperlukan atau Anda harus segera pindah. 

Dalam kasus lain, Anda selalu dapat menemukan cara untuk mendistribusikan kembali dana. (rian/eri)

TerPopuler