Pembangunan Jembatan di Desa Entipan Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat -->

Pembangunan Jembatan di Desa Entipan Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

23/09/2022, 9/23/2022
Pembangunan Jembatan di Desa Entipan Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Pembangunan Jembatan di Desa Entipan Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. (BorneoTribun/Antara)
BorneoTribun, Kapuas Hulu -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyatakan pembangunan jembatan di Desa Entipan Kecamatan Semitau mampu menggeliatkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Pemerintah daerah sangat terbantu atas kepedulian sejumlah pihak termasuk salah satunya PT GTM yang telah membuka akses penghubung dengan pembangunan jembatan sungai Entipan," kata Camat Semitau Pane Pasogit, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Pane,  pembangunan infrastruktur jembatan dari pihak swasta tersebut menjadi wujud kolaborasi pemerintah dan pihak swasta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebab, menurut dia, salah satu alasan pemerintah daerah mendatangkan investor khususnya perkebunan kelapa sawit selain diharapkan berkontribusi terhadap peningkatan pendapat asli daerah dan penyediaan lapangan kerja, yang tidak kalah penting juga supaya perusahaan bisa berkolaborasi membangun daerah atau desa tertinggal dan terluar melalui pembangunan infrastruktur.

"Kami sangat berharap perusahaan itu betul-betul menjadi mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerjanya," ucap Pane.

Kepala Desa Entipan Sugianto mewakili masyarakat menyampaikan terimakasih atas kepedulian berbagai pihak yang telah membantu kesulitan masyarakat dalam hal akses transportasi.

Dia mengatakan dengan telah dibangunnya jembatan sungai Etipan, masyarakat Dusun Entipan Hulu dan Entipan Hilir dapat terhubung dan mempunyai akses untuk menuju pusat Kecamatan Semitau.

"Kita berterima kasih atas pembangunan jembatan ini untuk kepentingan masyarakat kami," kata dia.

Sementara itu, Asisten CSR PT Gading Tirta Mandiri Agung Wibowo menyampaikan pembangunan jembatan sungai Entipan sepanjang 25 meter itu dibangun melalui program corporate social responsibility (CSR).

Dia mengatakan selama ini masyarakat kesulitan mengakses transportasi darat khusus penghubung dua dusun di Desa Entipan.

"Untuk ke pusat Kecamatan Semitau saja masyarakat harus menyeberangi sungai dan jika musim penghujan sungai tersebut tidak bisa dilalui karena arus yang cukup deras," kata Agung.

Agung berharap pembangunan jembatan sungai Entipan itu dapat membantu masyarakat dalam akses transportasi dan kegiatan sosial lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

(yk/ant)

TerPopuler