Optimistis Kubu Raya Pertahankan Prestasi di Ajang Porprov -->

Optimistis Kubu Raya Pertahankan Prestasi di Ajang Porprov

10/09/2022, 9/10/2022
Peringatan Hari Olahraga Nasional di halaman Kantor Bupati Kubu Raya
Peringatan Hari Olahraga Nasional di halaman Kantor Bupati Kubu Raya. (KAPUASNEWS.id/Ho-Prokopim Setda Kubu Raya)
BorneoTribun, Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan optimistis atlet Kubu Raya akan meningkatkan prestasi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada November mendatang. 

Ia mengungkapkan para atlet Kubu Raya saat ini sudah mempersiapkan diri dengan latihan yang cukup dan terus didampingi para pelatih. 

"Di Pekan Olahraga Pelajar Daerah kemarin kita banyak unggul dari banyak cabang."

"Yang penting mental dan karakter," kata Muda Mahendrawan di sela Peringatan Hari Olahraga Nasional di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (9/9). 

Muda Mahendrawan berharap para atlet terus mempersiapkan mental menyambut ajang Porprov mendatang. 

Lebih jauh ia menyebut ajang pekan olahraga saat ini sudah mempunyai daya tarik yang cukup tinggi dan berdimensi wisata. 

"Sehingga mampu membangkitkan semangat masyarakat dalam berwisata."

"Yang pasti, olahraga ini sudah menjadi sport tourism dan punya daya tarik untuk membangkitkan semangat wisata yang ada di Kubu Raya," terangnya.  

Muda Mahendrawan menjelaskan sejumlah daya tarik olahraga yang akan ditampilkan terkait turisme, yakni beberapa permainan klasik atau tradisional. 

Seperti ketapel, enggrang, dan beberapa permainan tradisional lainnya. 

"Itu punya nilai. Kalau dulu, silaturahminya dilakukan dengan cara itu dan kompak bersama-sama tim. Sehingga ini membangkitkan lagi semangat."

"Kalau bisa kita hidupkan lagi permainan tradisional," ajaknya. 

"Inilah kenapa KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) perlu dihidupkan, karena kita merawat pesan peradaban itu." 

"Salah satunya adalah membangun emosional yang baik, karakter unggul dan kokoh, dan ini membangun generasi yang unggul juga. Tidak hanya sehat badan, tetapi unggul karakter kokoh dan menjadi sang juara," imbuhnya. 

Melihat olahraga sangat penting, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah menyarankan untuk menghidupkan kembali pelajaran Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Sehingga para siswa selalu sehat. 

"Saya usulkan dengan Pak Bupati, kalau perlu kita wajibkan kembali di setiap sekolah, di kantor- kantor instansi pemerintah kita alokasikan satu sampai dua jam. Senam apa aja, misalnya senam Pesona Kubu Raya," ucapnya.

(Hy/Sy)

TerPopuler