DIALOK Pamerkan Wastra Khas Kalimantan Barat -->

DIALOK Pamerkan Wastra Khas Kalimantan Barat

09/06/2024, 6/09/2024
Foto: DIALOK di Dekranasda Kalbar.

PONTIANAK - Gelaran Karya Kreatif DIALOK (Dibuat Anak Lokal) di Dekranasda Kalbar menjadi panggung memukau bagi wastra Kalimantan Barat. Mengenakan busana tenun ikat khas Kalimantan Barat, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., bersama Pj. Ketua Dekranasda Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., menghadiri Gelar Karya Kreatif DIALOK serta talkshow potensi Wastra Kalbar di Dekranasda Kalbar, Sabtu (8/6/2024).

Dalam rangkaian acara ini, Pj. Gubernur beserta istrinya menyaksikan fashion show yang memamerkan wastra-wastra khas Kalimantan Barat diiringi permainan alat musik tradisional. Mereka juga melakukan peninjauan hasil kerajinan wastra Kalimantan Barat, di mana Ibu Pj. Ketua Dekranasda ikut melakukan tulis batik.

Di tempat yang sama, Pj Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar tampak berbangga dengan gelaran yang ditampilkan. Hal ini dilihat dari atensi pengunjung yang memadati gedung Dekranasda Provinsi Kalbar pada acara tersebut.

“Saya berterima kasih atas atensi semua pihak sehingga kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Saat ini yang populer dari kita (kalbar) ada 4 wastra yang terkenal, yakni dari Kab. Kapuas Hulu ada beberapa wastra, Dari Sintang juga yang populer dipakai Presiden, Bengkayang dengan anyamannya, dan Kota Pontianak. Tujuannya tak lain, agar karya tenunan tersebut memiliki nilai lebih. Contohnya kain tenun Ikat sintang yang dipakai oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Kita sangat berbangga sekali, wastra kita dipakai dikancah internasional," ucap Windy. (Adp)

TerPopuler