Awak Media Sekadau Berkomitmen Kawal Pilkada Tanpa Hoax -->

Awak Media Sekadau Berkomitmen Kawal Pilkada Tanpa Hoax

08/06/2024, 6/08/2024
Foto: Coffee Morning Wartawan Kabupaten Sekadau Jelang Pilkada Tahun 2024.

SEKADAU - Jelang Pilkada tahun 2024, Ikatan Wartawan Kabupaten Sekadau (IWAS), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) gelar Coffe Morning di Lupung Coffe, Sabtu (8/6/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, Ketua KPU Kabupaten Sekadau Fransiskus Khoman.,S.Pd dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau Marikhun.,S.Sos sebagai pemateri.

Ketua IWAS, Krisantus menjelaskan kegiatan ini dirasa sangat penting, terlebih media memiliki peran besar yang bisa mempengaruhi jalannya pilkada serentak. Maka dari itu diharapkan media bisa menyampaikan informasi yang benar, valid, dan berimbang. Sehingga media juga bisa menjadi ruang pendidikan politik bagi masyarakat.

IWAS menilai penyatuan komitmen tersebut harus dilakukan agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan aman, lancar, dan damai, tanpa hoaks. Sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat tercapai.

"Kami juga berharap wartawan di Kabupaten Sekadau selalu kompak dan bersatu, menyuguhkan pemberitaan dengan berpegang pada prinsip moral dan etika jurnalistik serta bersama-sama mencegah penyebaran berita hoaks dan ujaran kebencian," imbuhnya.

Fransiskus Khoman.,S.Pd Ketua KPU Kabupaten Sekadau menjelaskan tahapan pelaksanaan pilkada dan saat ini KPU juga dalam proses pemetaan wilayah sebelum pemilihan. 

"Batas maksimal 600 DPT, tetapi ada pengecualian dan tidak terfokus dengan pertimbangan suatu wilayah karena jarak dan geografis," ujarnya.

Selain itu, Ketua KPU juga pastikan tidak ada calon perseorangan peserta Pilkada di kabupaten sekadau tahun 2024.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Marikhun.,S.Sos berharap pro aktif peran media dalam tahapan Pilkada hingga hasil pemungutan suara.

"Pendaftaran pasangan calon di KPU pada 27, 28, 29 Agustus 2024. Pelaksanaan Pilkada 27 November 2024. Saya berharap semua tahapan harus dilaksanakan oleh KPU dan jangan sampai bekerja diluar aturan yang telah ditetapkan. Peran rekan-rekan media sangat kami harapkan dalam mengedukasi politik hingga mempublikasikan hasil pemungutan suara nantinya," harap Marikhun.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pembacaan deklarasi komitmen bersama seluruh awak media di Kabupaten Sekadau untuk mendukung suksesnya pilkada serentak 2024 dengan menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistik. (Tim/Red)

TerPopuler