Pj Gubernur Pimpin RUPS PT. Jamkrida Kalbar -->

Pj Gubernur Pimpin RUPS PT. Jamkrida Kalbar

08/05/2024, 5/08/2024
Foto: Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT. Jamkrida Kalbar.

PONTIANAK - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat dr. Harisson, M. Kes., memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT. Jamkrida Kalbar bertempat di Hotel Golden Tulip Pontianak Rabu, (8/5/2024).

Dalam arahannya, Pj. Gubernur Harisson menanggapi laporan yang disampaikan oleh Komisaris Utama, bahwa jumlah ekuitas perusahaan per 31 Desember 2023 sebesar Rp. 54,48 Milyar, sehingga dengan jumlah ekuitas tersebut, PT. Jamkrida seharusnya mampu melakukan penjaminan sebesar Rp. 2,18 Triliun.

Namun dengan jumlah ekuitas saat ini, PT. Jamkrida mempunyai besaran Gearing Ratio mencapai sebesar 30,95 kali dengan outstanding penjaminan perusahaan sudah mencapai sebesar Rp. 1,69 Triliun, dimana gearing ratio maksimal sesuai ketentuan SE OJK Nomor 18/SEOJK.05/2018 hanya sebesar 40 kali dari ekuitas.

“Dengan kondisi tersebut, maka saat ini PT. Jamkrida Kalbar hanya mempunyai sisa gearing ratio sebesar 9,05 dari ekuitas, yang artinya pada Tahun 2024 ini, PT. Jamkrida hanya mempunyai retensi penjaminan sebesar Rp. 492,46 Milyar. Hal tersebut tentu akan sangat berdampak pada kemampuan perusahaan melakukan penjaminan serta keuntungan yang diperoleh dari penjaminan tersebut,” terang Harisson.

“Salah satu cara untuk memperbesar kapasitas gearing ratio yaitu melalui peningkatan ekuitas perusahaan yang dapat diperoleh dari penambahan modal perusahaan. Penambahan modal perusahaan bisa dilakukan melalui penambahan penyertaan modal secara langsung dari para pemegang saham ataupun melalui dividen yang dikembalikan sebagai penyertaan modal (laba ditahan),” paparnya.

“Untuk itu diharapkan juga Pemerintah Kabupaten/Kota lain selaku Pemegang Saham dapat ikut serta melakukan Penambahan Penyertaan Modal pada PT. Jamkrida Kalbar, dimana melalui Penambahan Penyertaan Modal tersebut akan memperbesar kapasitas penjaminan PT. Jamkrida Kalbar yang akhirnya berdampak pada peningkatan laba perusahaan,” pungkasnya. (Adp)

TerPopuler