Melalui Buku, Hermawansyah Ajak Anak Muda Lestarikan Gambut -->

Melalui Buku, Hermawansyah Ajak Anak Muda Lestarikan Gambut

26/05/2024, 5/26/2024
Foto :Hermawansyah Ajak Anak Muda Lestarikan Gambut.

MEMPAWAH - Buku berjudul Antologi Restorasi Gambut menuai banyak apresiasi berbagai kalangan, mulai dari aktivis, jurnalis, kelompok pemuda, hingga masyarakat sipil saat Launching dan Diskusi Buku Antologi Restorasi Gambut di Caffe Bambu, Sungai Pinyuh, Mempawah, pada Sabtu (25/5/2024) malam.

Buku yang ditulis oleh Hermawansyah itu berisi pengalamannya berinteraksi dengan ekosistem yang berperan penting dalam mencegah dampak perubahan iklim. Sejak 2017, Wawan, sapaannya, aktif sebagai Fasilitator Peningkatanan Partisipasi Masyarakat BRGM RI di Kalimantan Barat.

Di hadapan para undangan yang hadir, alumni SMA Negeri 1 Mempawah ini mengutarakan buku Antologi Restorasi Gambut terbagi menjadi enam (6) bagian. "Setiap bab memiliki keterhubungan, karena ditulis berdasarkan pengalaman mendampingi aktisitas restorasi gambut bersama BRGM di Kalbar," ujarnya.

Melalui buku ini Wawan ingin membagi pengetahuan serta pengalamannya kepada khalayak ramai, terutama orang muda, tentang upaya pelestarian ekosistem gambut.

"Secara khusus, buku ini memang didedikasikan kepada orang-orang muda, para Fasilitator Desa BRGM, yang sudah mendedikasikan dirinya mengabdi untuk ekosistem gambut Kalbar," tambahnya.

Orang muda, jelas Wawan, saat ini adalah ujung tombak pelaksanaan restorasi gambut di tingkat tapak. "Fasilitator Desa BRGM, menurut saya, adalah orang-orang muda pilihan. Mereka berani memilih jalan yang jarang dilirik generasi mereka. Dan faktanya mereka mampu melakukan banyak hal berdampak di luar ekspekstasi kita," ungkap pendiri Gemawan ini.

"Ini penanda bahwa ketika orang muda mau melakukan aksi, maka mereka mampu membuat perubahan," ucap alumni SMP N 1 Sungai Pinyuh.

Ia mengatakan, banyak pengetahuan yang tersebar di tingkat tapak, namun tak semuanya mampu dituliskan dalam satu karya. Wawan berharap buku ini dapat memantik aksi-aksi baru untuk perlindungan ekosistem gambut.(Izr)

TerPopuler