Warga Desa Tengon Dambakan Pembangunan Jalan -->

Warga Desa Tengon Dambakan Pembangunan Jalan

17/02/2024, 2/17/2024
Foto : Warga Desa Tengon Keluhkan Kondisi Jalan.

LANDAK – Masyarakat Desa Tengon Kecamatan Air Besar keluhkan Kondisi jalan yang merupakan akses satu-satunya warga setempat untuk melakukan aktivitas sehari hari semakin memprihatikan.

Hal tersebut disampaikan oleh tokoh adat atau Timanggong Desa Tengon Natanael dan Ketua BPD Desa Tengon Andri kepada Personil Polsek Air Besar AIPDA Dwi Oktariza beserta BRIPKA Yani pada saat melaksanakan sambang dan Patroli Dialogis ke Desa Tengon, Jumat (16/02/24).
“Sejak terbentuknya Kampung Tengon tahun 1970 pembangunan infrastruktur Jalan sepanjang 30 Km seakan luput dari perhatian Pemerintah, Jika musim penghujan tiba warga yang melintasi jalan tersebut harus ektra hati-hati agar tidak tergelincir dan jatuh dari kendaraan yang dikendarai," terang Natanael.

Hal senada juga disampaikan Andri selaku Ketua BPD Desa Tengon mengharapkan adanya pembangunan yang merata agar masyarakat Desa Tengon sama seperti desa-desa lainnya yang sudah maju, sedangkan selama ini masyarakat Desa Tengon adalah masyarakat wajib pajak, tetapi sampai saat ini kehidupan kami seperti masih belum merdeka.

Kepala Desa Tengon Agusmianto, S.Pd, saat disambangi Personil Polsek Air Besar menjelaskan untuk hasil Pertanian masyarakat kami sebenarnya sangat menjanjikan, sebutlah seperti sahang, palawija dan buah-buahan dengan kualitas terbaik ditambah lagi padi lokal yang hanya tumbuh di Desa Tengon dan Desa Bentiang yang mempunyai tekstur wangi dan pulen, tapi sangat disayangkan akibat infrastruktur jalan yang memperhatikan sehingga susahnya menjual hasil pertanian.

“Kami hanya berharap agar BKSDA dapat mengeluarkan lingkungan pemukiman penduduk, lahan garapan serta akses jalan penghubung menuju desa-desa di Kecamatan Air Besar dapat dikeluarkan dari status Cagar Alam sedangkan untuk Gunung Hutan dan Satwa yang ada silakan BKSDA kelola dengan sebaik-baiknya demi terciptanya pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang merata," jelasnya penuh harap.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budiartawan, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda ketika dikonfirmasi ditempat yang berbeda membenarkan kegiatan patroli sambang oleh personelnya tersebut dan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan patroli sambang di desa-desa yang jauh dari pantauan, maka diharapkan akan semakin dekatnya antara Kepolisian dengan seluruh lapisan masyarakat guna melancarkan dalam pelaksanaan tugasnya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman kondusif dan Sejuk, imbuh IPDA Donny.

Dalam kesempatan tersebut AIPDA Dwi Oktariza memberikan himbauan kepada masyarakat yang ditemui pada saat patroli agar selalu bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing dikarenakan betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing. (xixoctha)

TerPopuler