Asisten 1 Setda Sekadau Potong Tumpeng Syukuran HPN dan Launching PWI Goes to School -->

Asisten 1 Setda Sekadau Potong Tumpeng Syukuran HPN dan Launching PWI Goes to School

20/02/2024, 2/20/2024
Foto : Asisten 1 Setda Sekadau Potong Tumpeng Syukuran HPN dan Launching PWI Goes to School .

SEKADAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau rayakan Hari Pers Nasional (HPN) Ke 78 dengan Syukuran dan Launching Kick off PWI Goes to School dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh Asisten 1 Setda Sekadau, Hironimus di Aula SMK Amaliyah Sekadau, Selasa (20/2/2024).

Dengan mengusung Tema 'Mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa', PWI Sekadau juga memberikan pelatihan dasar jurnalistik kepada ratusan siswa siswi SMK Amaliyah dengan pemateri Ketua AMSI Kalbar dan juga Dewan Penasehat PWI Sekadau, Kundori.

Ketua PWI Kabupaten Sekadau, Dina Mariana, mengatakan bahwa Hari Pers Nasional (HPN) merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa. Oleh karenanya, insan pers menjadi pengawal transisi kepemimpinan yang demokratis, profesional, dan berintegritas. Pers juga diharapkan menjadi penjaga keutuhan bangsa yang beragam, toleran dan harmonis.

"Perlu kami sampaikan, PWI Kabupaten Sekadau mengundur perayaan peringatan hari pers nasional yang seyogyanya dilaksanakan pada 9 Februari lalu. Namun mengingat, waktu yang dekat dengan gelaran pesta demokrasi, maka baru hari ini perayaan hari pers nasional ini kami selenggarakan secara sederhana. Namun, tidak mengurangi makna dan esensi dari perayaan itu sendiri," kata Dina.

Dina juga menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, aparat keamanan TNI-POLRI, serta seluruh stakeholder terkait yang sudah bekerja keras untuk memastikan pemilu tahun 2024 ini berjalan dengan aman, damai, dan lancar, khususnya di wilayah Kabupaten Sekadau.

PWI juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran forkopimda yang telah mendukung pers yang ada di kabupaten sekadau. 

"Dengan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dapat terus berjalan dan ditingkatkan serta semakin lebih baik lagi," ungkap Dina.

Pada momentum syukuran peringatan hari pers nasional ini, diharapkan juga karya rekan-rekan wartawan bisa lebih berdampak dan memajukan negeri, secara khusus daerah Kabupaten Sekadau.

Diketahui bahwa PWI Kabupaten Sekadau memiliki program yaitu PWI Goes to School dan program ini menyasar pelajar SMA yang ada di Kabupaten Sekadau, tujuannya adalah untuk mengenalkan ilmu jurnalistik sehingga para pelajar yang merupakan generasi z (dibaca: gen z) memahami dan bisa membedakan mana informasi hoaks mana yang bukan.

"Mudahan, nantinya mereka dapat memilah mana yang boleh dipublikasikan ke media sosial, mana yang tidak boleh. Program ini kami mulai laksanakan di SMK Amaliyah Sekadau. Selain itu, PWI Kabupaten Sekadau dan SMK Amaliyah telah mendatangani kerja sama atau MoU dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan kegiatan jurnalistik," Terang Dina.

Mewakili Bupati Sekadau, Asisten 1 Setda Sekadau, Heronimus, mengucapkan selamat hari pers nasional kepada seluruh jajaran insan pers. 

Beliau juga berharap pers di Indonesia terkhusus di Kabupaten Sekadau dapat berkembang, maju dan menyajikan informasi terpercaya kepada masyarakat maupun kepada pemerintah dalam menyukseskan pembangunan di berbagai sektor menuju masyarakat yang maju, sejahtera dan bermartabat. 

"Saya mengajak pers tetap kompak, profesional dan mematuhi kode etik jurnalistik serta menjaga komunikasi semua pelaku pembangunan," imbuh Hieronimus.

Hieronimus juga berterima kasih kepada pers yang selama ini telah bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan baik. Terima kasih juga disampaikan atas peran insan pers yang telah membantu menyebarkan informasi kepada masyarakat dan mengkritik kerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Ini sangat membantu karena dengan demikian akan memberikan keseimbangan dalam pelayanan publik," lanjutnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Sekadau, John Christian Lumban Gaol, Danramil Sekadau Hilir, Asisten 1 Setda Sekadau Hieronimus, Kabid Kominfo Hartono, Kejari Sekadau dan Para Murid SMK Amaliyah Sekadau. (Tim)


TerPopuler