KPU Sekadau Simulasikan Tata Cara Pungut Hitung Pemilu 2024 -->
Iklan

KPU Sekadau Simulasikan Tata Cara Pungut Hitung Pemilu 2024

29/01/2024, 1/29/2024
Foto : KPU Sekadau Simulasikan Tata Cara Pungut Hitung Pemilu 2024.

SEKADAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau pada Senin (29/1) 2024 mengelar simulasi pungut hitung di Terminal Lawang Kuari Sekadau yang melibatkan PPK dan KPPS Se Kecamatan Sekadau Hilir.

Ketua KPU Fransiskus Koman dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, simulasi pungut hitung yang dilaksanakan merupakan yang kedua kalinya selama tahapan Pemilu serentak 2024. Untuk simulasi sebelumnya di laksanakan di kecamatan Nanga Taman pada bulan November 2023 lalu.

Dikatakannya, tujuan dilakukannya simulasi sebagai informasi kepada seluruh lapisan masyarakat dimana saja berada.

"Untuk kesiapan pelaksanaan, KPU sudah menyiapkan 4886 petugas KPPS dan sudah di lantik, serta Bimtek. Tujuan bimtek adalah untuk menjadikan angota KPPS siap bertugas," Ujar Khoman.

Sementara Ketua Bawaslu kabupaten Sekadau, Marikun S.Sos, mengatakan telah menurunkan tim pengawas di tingkat kecamatan dan desa di kecamatan se - kecamatan Sekadau hilir.

"Tugas pengawas adalah mengawasi proses pelaksanaan pemilu. Mulai dari tahapan hingga pemungutan suara. Untuk pengawas TPS Bawaslu sudah melantik 689 pengawas TPS atau 1 TPS satu pengawas," Jelasnya.  

Begitu juga yang diungkapkan Kapolres Sekadau melalui Kabag Ops Polres Sekadau Kompol Samsul Bakrie mengatakan untuk pengamanan pemilu, Polres Sekadau sudah melakukan beberapa kegiatan seperti simulasi pengamana kota, operasi mantap brata dan Simulasi pengaman TPS. 

"Kita sudah melakukan pemetaan di 689 TPS dan pemetaan tingkat kerawanan pemilu di 122 TPS dengan kategori kurang rawan, 224 TPS rawan dan sangat rawan ada 212 TPS," Tukas Kabag Ops. (**)

TerPopuler