Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023 Polres Sekadau Jelang Nataru -->

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023 Polres Sekadau Jelang Nataru

21/12/2023, 12/21/2023
Foto : Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023 Jelang Nataru.

SEKADAU - Polres Sekadau melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian terpusat Lilin Kapuas 2023 di halaman Mapolres pada Rabu (21/22/1023) dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Kekuatan lintas institusi dan instansi diharapkan mampu melakukan pengamanan hingga tahun baru di wilayah hukum Polres Sekadau.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H., M.H, Kajari Adyantana Meru Herlambang, S.H., M.H, Dandim 1204 Sanggau diwakili Danramil Sekadau Hilir, Lettu Inf Hendrikus, beserta tamu undangan lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakapolres Sekadau Kompol Riko Syaputra, S.T., S.I.K., M.H, Perwira Upacara Kasat Lantas IPTU Pandi, Komandan Upacara KBO Satlantas IPTU M. Suyatman. Peserta apel terdiri pleton TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, dan Dinkes.

Dalam amanatnya, Wakapolres Sekadau, Kompol Riko Syaputra, menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan personel dan sarana prasarana dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Terdapat tiga poin utama yang menjadi perhatian dalam Operasi Lilin, yaitu stabilitas harga pangan, Kamtibmas yang kondusif, serta kelancaran arus mudik dan arus balik Natal dan Tahun Baru," ujar Kompol Riko dalam membacakan amanat Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kompol Riko menjelaskan bahwa Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk menjaga stabilitas harga pangan dengan bekerja sama dengan Kementerian atau Lembaga terkait serta memberlakukan tindakan hukum terhadap pelaku kejahatan terkait pangan.

Sedangkan untuk menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif, Wakapolres Sekadau mengingatkan seluruh personel Polres untuk menekan angka kejahatan konvensional.

"Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kegiatan pre-emtif, preventif, dan represif untuk mengurangi tindak kejahatan seperti curat, curas, curanmor, copet, bius, hipnotis, dan pencurian rumah kosong," sambung Wakapolres.

Selain itu, Wakapolres juga menekankan pentingnya kelancaran arus lalu lintas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Personel Polres Sekadau diharapkan memberikan perhatian penuh pada titik rawan kecelakaan dan kemacetan saat puncak arus mudik dan arus balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dalam Operasi Lilin Kapuas ini, Polres Sekadau melibatkan 50 personel yang akan ditempatkan di satu Pos Pelayanan dan dua Pos Pengamanan. Pos Pelayanan berada di Pos Polantas, sedangkan Pos Pengamanan berlokasi di Pospol Simpang 4 Kayu Lapis dan di Desa Peniti.

Selain itu, Polres Sekadau juga akan memberikan pengamanan di tempat ibadah di beberapa gereja selama perayaan Natal, serta mengamankan lokasi yang menjadi pusat keramaian saat malam pergantian tahun.

Operasi Lilin 2023 digelar serentak di seluruh jajaran Polri, di Polda Kalbar dengan sandi Lilin Kapuas. Operasi ini berlangsung selama 12 hari dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.

Sumber : Humas Polres Sekadau

TerPopuler