Mengupas Tema RAKON XXII: Peran Wanita dalam Politik Pemilu 2024 -->
Iklan

Mengupas Tema RAKON XXII: Peran Wanita dalam Politik Pemilu 2024

10/09/2023, 9/10/2023
Mengupas Tema RAKON XXII: Peran Wanita dalam Politik Pemilu 2024.
SEKADAU – Rapat Konsolidasi (RAKON) XXII Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) dan Gerakan Organisasi Wanita (GOW) se-Kalimantan Barat telah resmi dibuka pada hari Jumat, 8 September 2023. Acara berlangsung di Gedung Kateketik Sekadau dan akan berlangsung hingga 10 September 2023.

Acara ini dihadiri oleh 40 anggota BKOW Kalbar dan lebih dari 300 anggota GOW dari 14 kabupaten di Kalimantan Barat, dengan pengecualian perwakilan dari Kabupaten Landak.

RAKON GOW Ke XXII mengangkat tema yang penting, yaitu "Peran organisasi wanita dalam meningkatkan partisipasi politik perempuan pada Pemilu tahun 2024". Acara ini diselenggarakan di bawah kepemimpinan Ny. Wiwin Atriana Subandrio, S.Sos dari GOW Kabupaten Sekadau sebagai tuan rumah.

Ketua BKOW Provinsi Kalbar, Hj. Erlinawati, S.H., M.AP, menyatakan bahwa RAKON ini sangat istimewa dan menjadi kesempatan bagi para wanita dalam organisasi ini untuk terlibat dalam politik tanpa memandang warna partai.

Dr. Herkulana Mekarryani. S, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan, membuka acara RAKON dan menyampaikan sambutan atas nama Pejabat Gubernur Kalimantan Barat. Beliau menekankan pentingnya peran BKOW dan GOW dalam pembangunan Kalimantan Barat.

Dr. Herkulana juga mencatat bahwa saat ini peluang bagi kaum perempuan telah terbuka di berbagai bidang, termasuk politik. Wanita berperan besar dalam dunia politik, dan langkah pertama untuk meningkatkan partisipasi perempuan adalah dimulai di dalam keluarga.

Beliau berharap agar BKOW dan GOW dapat berkolaborasi dengan pemerintah, terutama dengan dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, untuk meningkatkan indeks pemberdayaan gender dan partisipasi politik perempuan di provinsi ini.

Bupati Sekadau, Aron, S.H, merasa bangga karena Kabupaten Sekadau dipilih sebagai tuan rumah RAKON GOW. Beliau berharap bahwa hasil dari RAKON ini akan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Sekadau.

Bupati Aron juga menegaskan bahwa pertemuan ini adalah kesempatan untuk menyatukan ide dan gagasan guna mewujudkan pembangunan provinsi yang unggul, sesuai dengan tema peran wanita dalam politik.

Acara ditutup dengan pemukulan gong pembukaan RAKON dan peluncuran Kain Tenun motif Bijih Karet. Hadir dalam kegiatan ini adalah berbagai pejabat dan tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Sekadau, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Kepala OPD Kabupaten Sekadau, Forkopimda, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Sekadau, dan Ketua TP. PKK Kabupaten Sekadau.

TerPopuler