Pentingnya Moderasi Beragama: Kubu Raya Luncurkan Kampung Moderasi Tahun 2023 -->
Iklan

Pentingnya Moderasi Beragama: Kubu Raya Luncurkan Kampung Moderasi Tahun 2023

09/08/2023, 8/09/2023
Pentingnya Moderasi Beragama: Kubu Raya Luncurkan Kampung Moderasi Tahun 2023.
KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis, Memperkenalkan Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023

Langkah signifikan dalam memperkuat moderasi beragama di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, telah diambil oleh Bupati Muda Mahendrawan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis, dengan peluncuran Kampung Moderasi Beragama pada Selasa (8/8).

Acara berlangsung di Aula Bank Kalbar Kubu Raya, menandai tonggak penting dalam upaya mempromosikan kerukunan dan toleransi antaragama di daerah tersebut.

Dalam upaya memperkuat semangat moderasi beragama, dua desa terpilih di Kubu Raya telah diresmikan sebagai Kampung Moderasi Beragama oleh Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat.

Desa Rasau Jaya Satu yang terletak di Kecamatan Rasau Jaya dan Desa Kuala Dua yang berada di Kecamatan Sungai Raya, kini memainkan peran penting sebagai contoh nyata bagaimana moderasi beragama dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Muda menjelaskan bahwa langkah ini adalah bukti nyata komitmen dan upaya berkelanjutan untuk memperkuat moderasi beragama di wilayah tersebut.

"Kubu Raya memiliki keberagaman yang kaya, namun telah membuktikan diri sebagai masyarakat yang toleran dan harmonis dalam berteman dengan perbedaan," ungkap Bupati Muda.

Lebih lanjut, Bupati Muda mengungkapkan pesannya kepada masyarakat untuk menjunjung tinggi kesamaan daripada membesar-besarkan perbedaan.

Pendekatan ini, menurutnya, akan membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi semua.

"Pemberian pelayanan yang adil dan tanpa diskriminasi, tanpa kecurigaan, serta pelayanan yang efisien dan merata, terutama dalam hal hak-hak masyarakat, adalah kunci untuk mencapai ketenangan dan kebahagiaan bersama," tambahnya.

Bupati Muda juga mencatat bahwa selama 16 tahun terakhir, Kubu Raya telah mengalami perkembangan yang signifikan.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kubu Raya menjadi yang tertinggi di Kalimantan Barat, angka kemiskinan terendah, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai nilai tertinggi di antara semua kabupaten di Kalimantan Barat.

"Semua ini adalah bukti keadaan kondusif, ketenangan, dan semangat progresif masyarakat yang semakin meningkat. Hal ini mengindikasikan kedamaian dan harmoni. Ini adalah gambaran sederhana, namun kuat," tegas Bupati Muda.

Acara peluncuran Kampung Moderasi Beragama ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sujiwo dan Sekretaris Daerah Yusran Anizam, yang bersama-sama memperkuat komitmen terhadap kerukunan antaragama dan perkembangan positif wilayah.

TerPopuler