Bupati Sekadau Ajak Semua Pihak Dukung Program ODF -->
Iklan

Bupati Sekadau Ajak Semua Pihak Dukung Program ODF

12/08/2023, 8/12/2023
Bupati Sekadau Ajak Semua Pihak Dukung Program ODF.
SEKADAU – Bupati Sekadau, Aron, hadir dalam acara Open Defecation Free (ODF) di Dusun Sungai Ayak IV, Simpi Madya, dan Entaras, Desa Sungai Ayak 2, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aron menjelaskan bahwa konsep Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dapat terwujud melalui upaya deklarasi ODF, yang bertujuan untuk menghentikan praktik buang air besar sembarangan.

Aron menekankan manfaat ODF dalam menurunkan angka penyakit yang berhubungan dengan lingkungan, seperti diare, thypoid, dan kecacingan.

Dia juga mengungkapkan bahwa penyakit-penyakit ini bisa menyebabkan stunting pada bayi dan balita.

Lebih lanjut, Bupati Aron menjelaskan bahwa ODF merupakan langkah awal dalam mewujudkan konsep Kabupaten sehat.

Ia menggambarkan kabupaten sehat sebagai lingkungan yang bersih, nyaman, dan aman untuk dihuni.

Aron mengajak semua sektor, mulai dari pemerintah pusat hingga daerah, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat secara keseluruhan, untuk mendukung dan berpartisipasi dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat.

Dalam penutupannya, Bupati Aron berharap bahwa pencapaian status ODF di 3 Dusun Desa Sungai Ayak 2 ini akan menjadi contoh bagi dusun-dusun lain yang belum mencapai ODF, serta mendorong desa-desa lain untuk segera melaksanakan program stop buang air besar sembarangan.

TerPopuler