Workshop Penyusunan SOP-SP4N LAPOR Tingkatkan Pelayanan Publik di Kabupaten Sanggau -->
Iklan

Workshop Penyusunan SOP-SP4N LAPOR Tingkatkan Pelayanan Publik di Kabupaten Sanggau

14/07/2023, 7/14/2023
Workshop Penyusunan SOP-SP4N LAPOR Tingkatkan Pelayanan Publik di Kabupaten Sanggau.
SANGGAU – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto, membuka kegiatan workshop konsultasi penyusunan Standar Operasional Prosedur Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional LAPOR (SOP-SP4N LAPOR) di Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Grand Narita Sanggau pada Jumat (14/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Joni Irwanto, selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, mengungkapkan harapannya agar kehadiran semua peserta dalam kegiatan workshop ini dapat memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Sanggau.

"Dengan upaya maksimal dalam pengelolaan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, termasuk pengaduan terkait tata kelola lingkungan, hutan, dan lahan, kita dapat memperkuat layanan publik pemerintah daerah kepada masyarakat," ujar Joni Irwanto.

Selanjutnya, Joni Irwanto menyampaikan bahwa dalam acara tersebut akan dibahas mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait pengaduan yang terkait dengan SP4N LAPOR.

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk memperluas dan memperjelas SOP tersebut, sehingga memberikan ruang yang cukup bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan dan masukan.

"Oleh karena itu, saya menyambut baik rumusan SOP yang telah disusun oleh tim Jari Indonesia Borneo Barat. Dengan adanya SOP SP4N LAPOR ini, diharapkan masyarakat lebih berani dan berpartisipasi dalam memberikan masukan terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, dan terutama tata kelola lingkungan hidup," jelasnya.

Joni Irwanto juga menekankan bahwa dengan adanya SOP, penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Dalam hal ini, berbagai bentuk penyimpangan dapat dihindari, dan jika terjadi penyimpangan di lingkungan pemerintahan, penyebabnya dapat diidentifikasi dan diselesaikan dengan tepat.

Dengan memastikan bahwa semua kegiatan sesuai dengan SOP yang ditetapkan, diharapkan kualitas pelayanan publik secara bertahap akan menjadi lebih profesional, cepat, dan mudah dalam upaya pengembangan dan peningkatan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Sanggau, tambahnya.

TerPopuler