Perbaikan Jalan Kenaman - Lomur Diresmikan oleh Bupati Sanggau -->

Perbaikan Jalan Kenaman - Lomur Diresmikan oleh Bupati Sanggau

14/06/2023, 6/14/2023
Perbaikan Jalan Kenaman - Lomur Diresmikan oleh Bupati Sanggau
Perbaikan Jalan Kenaman - Lomur Diresmikan oleh Bupati Sanggau. 
SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, meluncurkan pelaksanaan proyek pengerjaan Jalan Kenaman - Lomur di Kecamatan Sekayam pada Selasa (13/6) pagi.

Dalam pidato sambutannya, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, menyampaikan bahwa perbaikan ruas jalan Kenaman - Lomur dan beberapa ruas jalan lainnya, terutama di wilayah perbatasan yang meliputi Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam, sempat tertunda selama 2 tahun mulai dari tahun 2019 hingga 2021 akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun 2023 ini, pemerintah pusat mengalokasikan dana kembali untuk perbaikan dan peningkatan jalan, terutama yang berada di daerah perbatasan, melalui pemerintah kabupaten Sanggau.

Selain itu, Paolus Hadi juga mengingatkan agar pemilik kendaraan dan masyarakat dapat menjaga dan merawat jalan tersebut. Kendaraan berat yang mengangkut barang dengan tonase lebih dari 8 ton akan dikenai sanksi.

"Mereka yang melintas dengan muatan melebihi tonase yang diharuskan, perlu diperingatkan. Setidaknya ada formulasi agar jika terjadi kerusakan sedikit dapat ditangani. Jika perlu, dapat dipasang palang kayu di depan jalan sesuai dengan ukuran mobil, agar muatan tidak melebihi kapasitas jalan," ujar PH, sapaan akrabnya.

Proyek peningkatan jalan Kenaman - Lomur merupakan salah satu dari empat paket pengerjaan jalan yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus Kementerian Desa (DAK Kemendes) tahun anggaran 2023 untuk wilayah perbatasan Kabupaten Sanggau. Tiga paket lainnya adalah Jalan Balai Karangan - Keladang II, Lomur menuju Raut Muara, dan Jalan Segumon menuju Kuyak. Pengerjaan tiga paket peningkatan jalan di Kecamatan Sekayam tersebut secara bertahap telah dimulai.

Kepala Dinas BMSDA Kabupaten Sanggau, John Hendri, mengatakan bahwa pengerjaan peningkatan jalan dari Kenaman - Lomur di Kecamatan Sekayam dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dengan anggaran sebesar Rp 5,6 miliar. Jalan tersebut memiliki panjang 2,6 kilometer dan lebar 4 meter, dengan masa kerja selama 150 hari.

"Peningkatan akses penghubung desa dan kecamatan di wilayah perbatasan Kabupaten Sanggau merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Sanggau terhadap kawasan perbatasan yang tetap menjadi prioritas," tutup John Hendri.

TerPopuler