Nilai Dasar ASN Berakhlak: Fondasi Kemajuan Bangsa -->

Nilai Dasar ASN Berakhlak: Fondasi Kemajuan Bangsa

17/05/2023, 5/17/2023
Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau Kembali mengadakan Apel Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sekadau.
Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau Kembali mengadakan Apel Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sekadau.
Sekadau, Kapuasnews.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau Kembali mengadakan Apel Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau Rabu (17/5/2023).

Dalam amanatnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa mengucapkan terima kasih kepada ASN serta kepala SKPD yang sudah hadir pada apel hari kesadaran nasional pagi ini.

Dalam amanatnya, Isa mengharapkan kepada seluruh ASN agar kedepannya ada peningkatan pengabdian kepada Bangsa, Negara dan masyarakat.

“kita selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) mempunyai peran penting dalam sistem Pemerintahan dan tentu kita ingin terus berkembang dan semakin sadar bahwa kita yang harusnya memberikan pelayanan ke masyarakat,” tutur Isa.

Isa juga menambahkan bahwa ASN di jaman sekarang harus bekerja dengan cepat, memiliki sikap jujur dan adil sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai ASN.

“ini sangat erat hubungannya dengan nilai-nilai dasar ASN Berakhlak yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kata Isa.

“dengan adanya hari kesadaran nasional yang diadakan setiap bulan ini kita harus sadar dan semakin paham dengan tugas kita sebagai ASN dalam rangka bangga melayani bangsa dengan menerapkan nilai dasar Berakhlak, karena dengan nilai dasar inilah suatu bangsa bisa maju ” sambungnya.

Isa menjelaskan bahwa nilai dasar ASN Berakhlak yang salah satunya Berorientasi Pelayanan itu mewajibkan para ASN untuk paham pelayanan apa yang harus diberikan kepada masyarakat, kemudian Akuntable yang mengedepankan nilai jujur dan disiplin.

“selanjutnya kompeten yaitu kita harus selalu meningkatkan kompetensi untuk menyikapi perubahan perubahan, kemudian huruf H nya sendiri berarti harmonis yaitu melayani semua orang tanpa membedakan suku, agama dan ras, setelahnya yaitu Loyal  yang mengharuskan ASN untuk loyal kepada pimpinan dan lembaga,” sambungnya.

“kemudian adaptif yaitu dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan dari segi jaman dan teknologi dan yang terakhir Kolaboratif, jadi semua ASN harus bisa saling berkolaborasi atau kerjasama antar SKPD lain agar dapat menghasilkan inovasi baru,” pungkasnya.

TerPopuler