Tawak Borneo Gelar Bakti Sosial Di Rumah Pantai Sungai Antu -->

Tawak Borneo Gelar Bakti Sosial Di Rumah Pantai Sungai Antu

25/04/2023, 4/25/2023
Bakti sosial komunitas Tawak Borneo.
Sekadau, Kalbar - Komunitas Tawak Borneo melaksanakan Bakti Sosial Budaya Pelosok Negeri bertempat di Rumah Panyai Sungai Antu, pada tanggal 21 sampai 23 April 2023

Ketua Komunitas Tawak Borneo, Vero Aprolonius mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif dari bujang stefanus sandy dan dara Priska Erlanda gawai Dayak Tahun 2022, serta melibatkan Ikatan Pemuda Dayak Mualang, dan Komunitas Tawak Borneo.

Menurutnya, tujuan kegiatan tersebut untuk belajar tentang budaya dari rumah panyai sungai antu, mengenalkan budaya yang ada di rumah panyai sungai antu kepada generasi muda, dan kegiatan ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Sekadau menyasar Ikatan Pemuda Dayak Mualang (IPDM), Komunitas Tawak Borneo, Pelajar/Mahasiwa dan Masyarakat umum.

"Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda peduli terhadap budaya yang ada di Kabupaten Sekadau, dan perlu dibuat kebijakan oleh pemerintah daerah untuk melindungi rumah panyai sungai antu serta dukungan dari berbagai pihak untuk mempertahankan serta melestarikan budaya di rumah panyai sungai antu. Kondisi rumah panyai di beberapa bilik sudah mulai rusak termakan usia, perlu gerakan nyata untuk perbaikan/renovasi. Kami berharap pemerintah daerah dapat membuat kebijakan untuk mengucurkan dana perbaikan bangunan di rumah panyai sungai antu (renovasi juga harus melibatkan ahli waris rumah panyai untuk diskusi)," Ujar Vero. 

Kegiatan yang dilakukan yakni membersihkan lingkungan dan melakukan dokumentasi rumah panyai, Belajar dari rumah panyai sungai antu (mendengarkan cerita tentang rumah panyai, pertunjukan budaya oleh masyarakat suku mualang di sungai antu, pemutar film dokumenter).

Akhirnya kata, kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari Bupati Sekadau, Wakil Bupati Sekadau, Anggota DPRD Kab. Sekadau, Ketua DAD Kab. Sekadau, Camat Belitang Hulu, Ketua TP PKK Belitang Hulu, Ketua DAD Kec. Belitang Hulu, Pemerintah Desa Sungai Antu, Ahli Waris Rumah Panyai Sungai Antu, Masyarakat Suku Mualang di Sungai Antu, Pa4a Senior IPDM dan seluruh simpatisan yang terlibat serta mendukung kegiatan, sehingga dapat terlaksana dengan baik. 

(Tim/R. Hermanto)

TerPopuler