Gawai Dayak Maka' Dio II Tahun 2023 Di Desa Cipta Karya -->

Gawai Dayak Maka' Dio II Tahun 2023 Di Desa Cipta Karya

27/04/2023, 4/27/2023
Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis membuka Gawai Dayak Maka' Dio II Tahun 2023 di Dusun Ketiat, Desa Cipta karya, Kecamatan Sungai Betung.
Bengkayang, Kalbar - Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis membuka rangkaian kegiatan Gawai Dayak Maka' Dio II Tahun 2023 di Dusun Ketiat, Desa Cipta karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kamis (27/4/2023). 

Pada hari ini kita melaksanakan Gawai Dayak  maka' Dio yang kedua di Desa Wisata Cipta Karya dalam keadaan sehat.

Mengawali sambutannya, Sebastianus Darwis mengajak masyarakat Dayak Bakti untuk senantiasa, memanjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas kasih dan karunianya sehingga dalam keadaan sehat walafiat, guna mengikuti acara Maka Dio ke 2.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis secara langsung mengucapkan selamat kepada pihak panitia dan stakeholder yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Maka'dio ke 2 ini, karena ini merupakan wujud nyata dari kecintaan kita untuk tetap melestarikan adat dan budaya kita yang sudah turun temurun dilaksanakan khususnya dayak bakati yang ada di kecamatan sungai betung, kabupaten bengkayang.

"Jangan sampai masyarakat adat kurang peduli dengan adat istiadat dan bahkan melupakan adat dikarenakan beralih dengan budaya modern, karena jika tidak di organisir dan dipelihara dengan baik maka akan hilang dengan sendirinya dengan teknologi seperti saat ini," Katanya.

Oleh derasnya perkembangan
apa lagi mengingat kabupaten bengkayang adalah pintu masuk terdekat dengan serawak malaysia, disini kita tunjukkan bahwa dayak pada umumnya dan masyarakat dayak bakati pada khususnya harus berdaulat untuk bebas aktif, harus mandiri, dan berkepribadian dalam berbudaya ketika orang menghilangkan adat dan budayanya maka akan kehilangan jati dirinya, 

Untuk itu harus bisa di pelihara dan di jaga adat dan budaya di desa cipta karya,kecamatan sungai betung, kabupaten bengkayang ini, pelaksanaan event budaya ini juga merupakan upaya untuk mendukung pencapaian visi pemerintah kabupaten bengkayang yaitu Kabupaten Bengkayang maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing ditopang pemerintahan yang bersih dan terbuka'.

"Acara maka dio ini adalah bentuk ungkapan syukur masyarakat Dayak Bakati kepada Jubata atas hasil panen yang selama ini terus menerus dilaksanakan, harapan kami agar kegiatan ini berjalan untuk tahun-tahun berikutnya," Ungkapnya.

Bupati juga mengatakan akan terus dievaluasi dan berbenah agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan melihat salah satu keunggulan dari sektor pariwisata yang dimiliki desa wisata cipta karya ini perlu sentuhan dan promosi agar dapat di kemas dalam 1 paket wisata yang menciptakan keunggulan yang menjadi mascot desa cipta karya agar semakin dikenal di kancah nasional maupun internasional.

" Ini semua dalam upaya mendatangkan pengunjung local dan luar negeri untuk menambah income bagi masyarakat dan bisa menciptakan masyarakat untuk lebih kreatif dan mandiri. Ini juga tentu merupakan keberhasilan yang harus kita apresiasi," Pungkasnya Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis.

Hadir pada Acara Gawai Dayak di desa cipta karya, kecamatan sungai betung, kabupaten bengkayang diantaranya Pj. Walikota Singkawang,Drs.H Sumastro.M.Si, Bupati Murung Raya, Perdi M Yosep, Wakil Bupati Kabupaten Bengakayang, Drs H Syamsul Rizal,Besrta Istri, Dandim 1202/Singkawang diwakili Kasdim Msyor Inf Sugiono, Kapolres Bengkayang, diwakili oleh Kapolsek Sungai Betung, Ipda Parisni, Pj Sekda Bengkayang Drs Ahmad Priyono, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Ibu Neneng, Ketua DPRD Bengkayang, Fransiskus.M.Pd, Anggota DPRD Ibu Sarina, Jajaran OPD Pemerintahan Kabupaten Bengkayang, Camat Bengkayang, Heri setiono.S.STP.,M.Si, Camat Sungai Betung, Pj.Danramil 01/Bengkayang, Pelda Yovinus Weto, Kepala Desa Se-Kecamatan Sungai Betung, Tokoh Agama, Tokoh adat dan Tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang.


(Rinto Andreas/Hermanto)

TerPopuler