Camat Sekadau Hulu Sambut Baik Rencana Desa Mondi Untuk Deklarasi ODF -->
Iklan

Camat Sekadau Hulu Sambut Baik Rencana Desa Mondi Untuk Deklarasi ODF

01/02/2023, 2/01/2023
Camat Sekadau Hulu Sambut Baik Rencana Desa Mondi Untuk Deklarasi ODF
Camat Sekadau Hulu Sambut Baik Rencana Desa Mondi Untuk Deklarasi ODF.
Sekadau, Kalbar -- Pihak kecamatan menyambut baik rencana Desa Mondi untuk deklarasi Open Defecation Free ( ODF ) yang lazim disebut stop BAB sembarangan di tahun 2023.

"Suatu hal positif rencana dari kepala desa Mondi baru menjabat 4 bulan sudah merencanakan deklarasi ODF, dari kecamatan  dalam waktu dekat akan segera koordinasi dengan pihak desa" ujar Uden, Selasa (31/1/2023).

Dengan adanya rencana deklarasi dimaksud Camat Sekadau Hulu mengatakan, akan menambah daftar desa di wilayahnya yang akan merencanakan deklarasi ODF tahun 2023. Hal ini sejalan dengan program pemerintah daetah untuk menuntaskan permasalah ini hingga 2024.

"Dari dari data yang sudah cek ke lapangan saat ini sudah dua desa terdata deklarasi ODF desa Sungai Sambang, Rawak Hilir tambah desa Mondi berarti ada 3 desa akan deklarasi 2023 ini" ujar Uden.

Sebelumnya, kepala desa Mondi Welton Thomas saat ditemui awak media ini di ruang kerjanya (31/1) membeberkan, warganya hingga kini yang belum memiliki jamban terdapat 48 KK jumlah KK desa Mondi tercatat 328 KK.

Langkah - langkah yang dilakukan kepala desa untuk membuat 48  jamban bagi warganya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait guna mencari solusi.

" Permasalahan ini telah kita bahas bersama kepala dusun masukan dari mereka telah kita terima akan segera kita cek kembali kerumah warga kita dan memberi pemahaman tentang pola hidup sehat" ujar Welton Thomas.

Dalam waktu dekat jelas Welton Thomas hal ini akan kita selesaikan dan dalam tahun 2023 di desa semua warga sudah harus memiliki jamban, " kita bersama pihak terkait bisa selesaikan ini dengan cegera" tandasnya.(jr)

TerPopuler