Pangkalatan TNI AU Harry Hadisoemantri Melaksanakan Diklat Paralayang -->
Iklan

Pangkalatan TNI AU Harry Hadisoemantri Melaksanakan Diklat Paralayang

02/12/2022, 12/02/2022
Kadisops Mayor Lek Darmawan Setyo N membacakan sambutan Danlanud TNI AU Harry Hadisoemantri.
Bengkayang, Kalbar - Pangkalatan TNI AU Harry Hadisoemantri membuka Pendidikan dan pelatihan Paralayang, secara simbolis menyematkan tanda pita oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Had Mayor Lek Darmawan Setyo N yang mewakili Danlanud Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han., kepada peserta diklat yang berjumlah 10 orang dari Prajurit Lanud Had yang bertempat di Lapangan Upacara Lanud Had Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Jumat (2/12/2022).

Pembinaan Potdirga salah satunya menggiatkan olahraga dirgantara paralayang. Cabang olahraga dirgantara menggunakan parasut paralayang dan untuk take off atau lepas landas dibutuhkan bukit yang tinggi serta lokasi pendaratan.

Dalam sambutan Danlanud yang dibacakan oleh Kadisops Mayor Lek Darmawan Setyo N mengatakan, olahraga dirgantara ini juga sebagai upaya menumbuhkan minat cinta dirgantara bagi prajurit tni au lanud harry hadisoemantri serta bisa dijadikan sebagai ajang promosi daerah yang memiliki keindahan alam dan pantai Menawan dilihat dari ketinggian menggunakan paralayang.

"melalui pelatihan ini, siswa diklat diharapkan akan menjadi pilot paralayang yang mandiri. Siswa akan diajarkan mengenai dasar meteorologi yang berhubungan dengan kondisi cuaca (local) dan juga akan diajarkan bagaimana sepenuhnya dapat meng-kontrol payung dalam prosedur kondisi darurat sebagai teknik dasar-nya," Ujarnya.

Pelatihan terdiri dari teori, praktek dilapangan sebagai pengenalan terbang, serta 40 x terbang solo (sendiri), dibawah pengawasan instruktur dengan dipandu melalui Radio HT dengan tujuan untuk mendapatkan kualifikasi pilot paralayang PL-1.

"Seluruh peserta diklat harus bersungguh-sungguh mengikuti pe-latihan ini. Paralayang saat ini bukan hanya sekedar olahraga atau hobbi lagi. Beberapa prestasi dari olahraga paralayang ini telah menorehkan sukses yang membanggakan dengan diikut-sertakan dalam kejuaraan pekan raya nasional (PON). Melalui pelatihan ini, diharapkan ke 10 orang peserta dapat melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk bersungguh-sunguh dan mampu mengikuti yang di sampaikan para pelatih paralayang," Tukasnya.

Oleh : Rinto/Biro Humas Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri
Editor : R. Hermanto 

TerPopuler