Warga 5 RT di Dusun Pemangkat Jaya Ngeluh Jalan Rusak Bertahun Tahun. Harapkan Pemda Bangun -->

Warga 5 RT di Dusun Pemangkat Jaya Ngeluh Jalan Rusak Bertahun Tahun. Harapkan Pemda Bangun

14/10/2022, 10/14/2022
Warga 5 RT di Dusun Pemangkat Jaya Ngeluh Jalan Rusak Bertahun Tahun. Harapkan Pemda Bangun
Kondisi jalan di dusun Pemangkat Jaya desa Pemangkat masih tanah kuning, berlubang dan sering tergenang air. 
Sukadana, Kalbar - Nurhayati (32) kepala dusun Pemangkat Jaya desa Pemangkat kecamatan Simpang Hilir Kayong Utara berharap jalan di kampungnya dibangun Pemda. 

Kondisi jalan sepanjang 4 kilometer itu puluhan tahun masih berbentuk timbunan tanah kuning, sebagian timbunan tanah rawa berwarna hitam bekas galian parit, banyak lubang dan sering kebanjiran air hujan ataupun air pasang laut. 

Jalan itu hanya bisa dilewati oleh sepeda motor, sedangkan mobil misalnya sangat sulit karena keadaannya menggenaskan. 

Jalan itu adalah akses keluar masuk bagi 1,500 jiwa yang termasuk dalam 5 Rukun Tetangga (RT) di dusun tersebut.

"Yang paling kami rasakan sulitnya jalan ini kami lewati saat ada warga kami yang sakit, melahirkan perlu pertolongan cepat. Mobil sulit berjalan, karena jalan masih berlumpur dan banyak lubang. Kadang-kadang kami bawa pakai sepeda motor pelan-pelan," kata Nur, saat ditanya keadaan kampungnya tersebut, Jum'at 14 Oktober 2022. 
jembatan akses masuk menuju dusun Pemangkat Jaya yang rusak
Jembatan akses masuk menuju dusun Pemangkat Jaya yang rusak. 
Nurhayati mengatakan, panjang jalan itu sekitar 4 kilometer, belum pernah dibangun meski pernah didatangi Bupati dan dijanjikan oleh Pemerintah Daerah untuk dibangun. 

"Dulu pak Bupati pernah kesini pernah berjanji mau membangun jalan ini tapi sampai sekarang belum juga diwujudkan ucapan beliau itu," ucap Nurhayati.

Kepala desa Pemangkat Kayong Utara, Mujiman tidak bisa berbuat apa-apa. Dia mengaku, sudah berulang kali mengusulkan dalam Musrenbang.

Karena kata Mujiman, jika dibangun pakai dana desa, maka tidak akan cukup menyelesaikannya, sebab keadaan jalan itu, diperkirakan memerlukan anggaran miliaran rupiah. 

Dia mengatakan, akses jalan itu sangat vital bagi warganya karena penghubung satu-satunya warga ke jalan raya Teluk Melano Teluk Batang. 

"Sudah sering saya upayakan masuk lewat Musrenbang, lewat usulan dana aspirasi dewan. Belum juga sampai sekarang," ujar Mujiman, di kantor desa Pemangkat, Jum'at (14/10/22). 

Mujiman berharap, jalan itu ditingkatkan dibuat dalam bentuk jalan aspal hotmix ataupun rabat beton. 

Selain itu dia juga meminta agar lampu penerangan jalan (LPJ) di tikungan S di dusun sungai kecil dekat batas desa Pemangkat dengan desa Pulau Kumbang juga dipasang lampu jalan. Karena, sering terjadi kecelakaan, gelap dan banyak lubang. 

Oleh: Muzahidin

TerPopuler