Gubernur Serahkan Bantuan Banjir Kepada Kabupaten Sintang -->

Gubernur Serahkan Bantuan Banjir Kepada Kabupaten Sintang

23/10/2022, 10/23/2022
Gubernur Serahkan Bantuan Banjir Kepada Kabupaten Sintang
Gubernur Serahkan Bantuan Banjir Kepada Kabupaten Sintang. (Ho-Adpim Pemprov Kalbar)
Sintang - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sintang untuk menyerahkan bantuan banjir pada Sabtu sore (22/10/2022). Bantuan ini merupakan bentuk rasa peduli dari pemerintah provinsi kalbar kepada masyarakat yang terdampak banjir khususnya di kabupaten sintang.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa, telur 5 ribu butir, beras 5 ton dan indomie 280 dus.
"Saya mendorong, agar beras cadangan provinsi dikeluarkan, ini tak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah kalimantan barat. Jika masih kurang surati saja, nanti kami keluarkan lagi cadangan beras provinsi kalbar", jelas orang nomor satu di kalbar ini.

Sutarmidji menambahkan bahwa setiap kali banjir, semasa menjabat menjadi walikota pontianak, dia selalu mengajukan perbaikan infrastruktur pasca banjir kepada pemerintah pusat sehingga cepat ditangani. 
Gubernur Serahkan Bantuan Banjir Kepada Kabupaten Sintang
Gubernur Serahkan Bantuan Banjir Kepada Kabupaten Sintang. (Ho-Adpim Pemprov Kalbar)
"Bagaimanapun, solusinya tetap pengerukan. Kapuas itu panjangnya 1.132 km, kecuraman 38 meter.  Arusnya sangat lemah, cuma beberapa titik yang deras. Sehingga membawa lumpur banyak sekali. Muara kapuas yang dikeruk dulu 7 meter, sekarang tinggal 4,4 meter. Sungai kita juga  dangkal 2,6 meter. Hal ini mengakibatkan air lambat bergerak dan berpotensi banjir dalam kurun waktu yang lama." ungkap Sutarmidji.

"Termasuk geobag. Saya menilai kurang efektif. Hal ini karena beliau melihat, pada tahun ini masih terjadi banjir di wilayah sintang sekitarnya. Alternatif nya dibangun turap. Kemudian, saya berpesan, apa yang dibutuhkan, sampaikan saja. Pendopo sudah saya jadikan gudang logistik. Beras masih ada, ikan asin pun ada.", tutup Sutarmidji seraya bercanda kepara  para relawan.(ais)

TerPopuler