Gubernur Kalbar optimistis kontingen Kalbar juara Popnas 2022 -->

Gubernur Kalbar optimistis kontingen Kalbar juara Popnas 2022

13/10/2022, 10/13/2022
Gubernur Kalbar optimistis kontingen Kalbar juara Popnas 2022
Gubernur Kalbar optimistis kontingen Kalbar juara Popnas 2022. (Foto Antara)
Pontianak, Kalbar - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji optimistis atlet seluruh cabang olahraga yang dikirim ke Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Provinsi Lampung mempunyai potensi menjuarai agenda tersebut.

"Kalbar ini terutama pelajar tidak kalah dengan daerah lainnya, sehingga saya yakin kontingen yang kita kirim dalam Popnas di Lampung nanti berpotensi untuk menang," kata Sutarmidji saat pelepasan kontingen Pra-Popnas, di Pontianak, Rabu (12/10/2022).

Dia mencontohkan, pada bidang ilmu pengetahuan Olimpiade sains teknologi kita rangking tujuh tingkat nasional, bahkan kemampuan pelajar Kalbar di atas Provinsi Jawa Tengah. Kemudian 558 kelompok yang melakukan kompetisi di salah satu perusahaan Perancis, pelajar dari Sekadau juga berhasil menjadi juara.

"Artinya dari sisi ini saja kita tidak kalah apalagi yang berkaitan dengan olahraga," tuturnya.

Pada kesempatan itu, dirinya berpesan kepada seluruh atlet bahwa hal tersebut juga harus ditunjang dengan disiplin dan kepercayaan diri. Apalagi di bidang olahraga tidak bisa tidak.

"Saya pesan dua hal yakni tetap disiplin dan percaya diri itu modal utama untuk memenangkan suatu kompetisi atau pertarungan. Tanpa dua hal itu mustahil bisa memenangkan kompetisi," katanya.

Menurut Sutarmidji, kepercayaan diri itu lahir ketika seseorang menguasai bidangnya dan harus menopang kemampuan dalam bidangnya. Sehebat apapun kalau tidak percaya diri maka akan kalah, tetapi kalau kemampuan ditambah percaya diri maka akan menang.

"Kalau tidak menang ngapain kita kirim. Tentunya kita berharap kepada para atlet yang mengikuti kejuaraan di Pra Popnas ini mampu berkompetisi dengan baik sehingga bisa meraih juara dan membawa nama baik untuk Kalimantan Barat," ujarnya.

(yk/antara)

TerPopuler