Bupati Citra Katakan Tugas Kita Mengurusi Rakyat, Turun Kebawah -->

Bupati Citra Katakan Tugas Kita Mengurusi Rakyat, Turun Kebawah

08/10/2022, 10/08/2022
Bupati Citra Katakan Tugas Kita Mengurusi Rakyat, Turun Kebawah
Bupati Citra : tugas kita mengurus rakyat, turun langsung ke lapangan sehingga kehadiran kita dirasakan langsung oleh para petani. (Ho-Muzahidin)

Sukadana, Kalbar - Bupati kabupaten Kayong Utara Citra Duani mengatakan Organisasi Perangkat Daerah harus lebih inovatif mengembangkan sektor pertanian, melindungi lahan pertanian dan turun kebawah mengurus rakyat. 


"Tujuan kita melindungi kepemilikan lahan pertanian bagi petani, meningkatkan kemakmuran mereka serta kesejahteraan petani dan masyarakat. Tugas kita ini mengurus rakyat, turun langsung ke lapangan sehingga kehadiran kita dirasakan langsung oleh para petani dalam membantu mereka mengembangkan sektor pertanian," katanya. 


Kalimat tersebut Ia utarakan saat acara Rakor Pokja Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan atau RPL2B tahun 2022 di Mahkota Hotel, Sukadana Kayong Utara, Jum'at 07 Oktober 2022. 


Guna mencegah alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian menurut Bupati, perlu dibuat regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbub). 


Alasannya karena, diperkirakan dalam beberapa tahun kedepan, bukan tidak mungkin potensi alih fungsi lahan pertanian terus terjadi.


Oleh sebab itu, dengan regulasi LP2B, bupati berharap penyusutan areal pertanian dapat terkontrol dengan baik.


"Dengan regulasi ini menekan lajunya alih fungsi lahan pertanian, sehingga kita bisa mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan di daerah," ucap dia. 


Disampaikan juga oleh dia, Pemerintah daerah berkomitmen dalam mempertahankan lahan pertanian serta mengembangkan sektor pertanian.


"Regulasi lahan pertanian dan pangan berkelanjutan ini harus cepat diselesaikan, tujuannya kita mencegah alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian," ucap Citra.


Reporter: Muzahidin

TerPopuler