Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Minta Polres Untuk Menindak Penyimpangan Solar Bersubsidi -->

Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Minta Polres Untuk Menindak Penyimpangan Solar Bersubsidi

02/09/2022, 9/02/2022

Fhoto : Sumberanto Tjitra, Wakil Ketua DPRD Singkawang (Rinto/Borneotribun)

KAPUASNEWS Singkawang, Kalbar - Penyimpangan BBM jenis solar bersubsidi yang diduga terjadi di sejumlah SPBU di wilayah Kota Singkawang. Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra angkat bicara terkait permasalahan minyak BBM bersubsidi di Kota Singkawang tidak pernah teratasi. Kamis, (01/09/2022).

Saat di konfirmasi langsung oleh awak media, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra menuturkan, BBM Subsidi terutama berupa minyak solar menjadi salah satu jenis BBM yang menjadi primadona. Karena harganya yang disubsidi sehingga mengakibatkan rentang yang sangat jauh.

"Kalau ada dilakukan kongkalikong oleh oknum SPBU dengan pihak oknum rekanan, maka di situlah keuntungan yang besar sekali," Katanya.

"Saya pernah tanyakan dengan warga yang saya lihat banyak drum solar di wilayah Singkawang yang tidak perlu saya sebutkan namanya. Berapa harga yang di jual, jawabannya 10 ribu perliter," Lanjut Sumberanto.

Sementara itu, harga solar bersubsidi itu hanya Rp 5.150 perliter berarti hampir dua kali lipat keuntungannya mereka dapatkan.

"Kenapa di Kota Singkawang terus terjadi kelangkaan solar, dan pemandangan ini bisa kita pantau setiap hari dengan jejeran mobil-mobil truk terutama SPBU jalan A.Yani Kelurahan Pasiran, SPBU Pasir Panjang dan masih banyak lagi SPBU yang ada Kota Singkawang saat ini," Tukasnya.

Sumberanto juga mempertanyakan, Apakah alokasi yang kurang ? Saya yakin Pertamina sudah memberikan alokasi yang terbaik, tetapi ini sengaja dimainkan oknum-oknum tidak jelas, di karena nilai keuntungannya yang sungguh luar biasa. 

"Dengan berbagai kasus besar yang terjadi di Indonesia khususnya Kota Singkawang harapan saya kepada pihak Polres Singkawang bisa segera mengambil tindakan kepada oknum-oknum nakal yang sengaja untuk mempermainkan BBM Subsidi minyak solar dan hanya untuk keuntungan pribadi dan kelompok," Pintanya.

Sumberanto yakin APH mau membantu masyarakat yang betul-betul terdampak kendala minyak solar dalam mata pencahariannya, seperti para nelayan, para supir yang kendaraan menggunakan minyak solar, dan maupun yang lainnya.

"Saya sangat memberikan apresiasi kepada APH. Sekedar menjadi info, SPBU yang melayani BBM solar ada di SPBU Jalan A. Yani Kelurahan Pasiran, Jalan Ali anyang, Pasir panjang, jalan Ali anyang, Jalan Ratu Sepudak dan SPBU-SPBU yang berada Kota Singkawang," Beber Sumberanto mengakhiri.


Reporter : Rinto Andreas 

TerPopuler