Sering Kecelakaan Akibat Menabrak Tiang Listrik di Kubu Raya -->

Sering Kecelakaan Akibat Menabrak Tiang Listrik di Kubu Raya

04/09/2022, 9/04/2022
Sering Kecelakaan Akibat Menabrak Tiang Listrik di Kubu Raya
Salah satu tiang listrik yang berada di tengah jalan dan menganggu aktivitas berkendara masyarakat.
KapuasKubuRaya - Sering terjadi kecelakaan tunggal diakibatkan menabrak tiang Penerangan Jalan Umum (PJU). Maka dari itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya bersama PT. PLN segera menggeser sejumlah tiang listrik yang berada di tengah jalan.

"Penggeseran tiang PJU yang berada di tengah jalan ini menjadi atensi bupati Muda Mahendrawan menyikapi banyaknya keluhan masyarakat terkait keberadaan tiang PJU yang berada di tengah jalan. Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan sinyal positif dari PLN untuk segera menggeser tiang PJU yang berada di tengah jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo di Sungai Raya, Sabtu (3/9/2022).

Menurutnya, tentunya hal ini tidak terlepas kepedulian Bupati Muda yang mengirimkan surat kepada Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pontianak. "Setelah melakukan rapat sebanyak 2 kali, pihak PLN meninjau ke lokasi untuk melihat dari aspek teknis dan menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) nya," tuturnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari masyarakat, terdapat empat lokasi tiang listrik yang berada di tengah jalan diantaranya, di ruas jalan desa Padang Tikar Satu sampai desa Sungai Jawi kecamatan Batu Ampar terdapat 80 tiang listrik , dusun di desa Sungai Ambangah kecamatan Sungai Raya terdapat 11 tiang PJU, ruas jalan di desa Sungai Raya Dalam kecamatan Sungai Raya tepatnya dari arah Korpri sampai ke Parit To’ong terdapat 18 tiang PJU dan di gang besar jalan Adi Sucipto terdapat 9 tiang PJU.

"Adanya sinyal dari PLN ini, tentunya pada tahun 2022 ini akan ada tiang PJU yang segera digeser sehingga tidak lagi berada di tengah jalan, namun kita belum mengetahui lokasi dan berapa tiang PJU yang akan digeser dan kita mengapresiasi kepada PT. PLN yang segera menggeser tiang PJU yang berada di tengah jalan," katanya.

Odang menambahkan, belum lama ini pihaknya juga menerima laporan dari masyarakat dan mengeluhkan keberadaan tiang listrik yang berada di tengah jalan tepatnya di perbatasan antara desa Kuala Dua kecamatan Sungai Raya dengan desa Rasau Jaya Satu kecamatan Rasau Jaya.

"Dalam waktu dekat, kami segera meninjau tiang listrik tersebut dan menghitung berapa jumlah tiang listrik yang berada di tengah jalan dan selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan penggeseran," kata Odang.

Odang menjelaskan, saat ini PLN sedang berkoordinasi dengan pihak pelaksana untuk menghitung kembali kemampuan RAB keuangannya dan terkait pelaksanaan teknis di lapangan.

"Kami meminta doa dari masyarakat, agar penggeseran tiang listrik yang berada di tengah jalan ini bisa cepat dilaksanakan, karena beberapa titik sudah mendapatkan respon dari PLN dan segera dilakukan penggeseran pada tahun ini," katanya.

(yk/ro/ant)

TerPopuler