Sebanyak 32.255 Siswa SD dan TK di Kaltim Lakukan Sikat Gigi Massal -->

Sebanyak 32.255 Siswa SD dan TK di Kaltim Lakukan Sikat Gigi Massal

13/09/2022, 9/13/2022
Sebanyak 32.255 Siswa SD dan TK di Kaltim Lakukan Sikat Gigi Massal
Siswa SDN 008 Awang Long, Kelurahan Pasar Pag, Samarinda saat mengikuti peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022. (BorneoTribun/Antara)
BorneoTribun Samarinda, Kaltim - Sebanyak 32.255 siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan taman kanak-kanak (TK) se- Kalimantan Timur menjadi peserta kegiatan sikat gigi massal dalam memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022.

Ketua Panitia Penyelenggara HKGN sekaligus Ketua PDGI Samarinda, drg. Andi Tenri Awaru, Senin, menyatakan peringatan HKGN secara Nasional diisi dengan berbagai rangkaian acara.

Di antaranya kegiatan pemecahan Rekor Muri Kegiatan Sikat Gigi Massal Serentak seluruh Indonesia, penyuluhan dan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut, serta senam dan hiburan.

"Untuk kegiatan sikat gigi massal diikuti sebanyak 700 ribu siswa di seluruh Indonesia, dan di Kaltim sendiri, kegiatan sikat gigi massal diikuti sebanyak 32.255 siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan TK," kata Andi Tenri Awaru di Samarinda.

Andi menyebutkan bahwa kegiatan sikat gigi massal di wilayah Kaltim dilakukan secara serentak di sejumlah wilayah Kabupaten dan Kota.

Di Samarinda diikuti sebanyak 4.275 siswa melibatkan 15 SD, di Balikpapan diikuti sebanyak 7.519 dari 27 SD dan 26 TK. Di Bontang diikuti 2.043 dari 6 SD, di Berau 1.841 dari 4 SD, di Kutai Kartanegara (Kukar) diikuti sebanyak 1.800 siswa dari 10 SD.

Kemudian, dari Kutai Timur (Kutim) diikuti sebanyak 9.254 dari 35 SD, di Kutai Barat (Kubar) diikuti sebanyak 1.996 siswa, di Paser 1.793 dari 4 SD dan di Penajam Paser Utara diikuti sebanyak 1.734 dari 4 SD.

Kegiatan ini juga melibatkan banyak tenaga kesehatan. Tidak kurang dari 400 Tenaga Kesehatan (nakes) terdiri dari dokter gigi, bidan dan perawat turut membantu penyelenggaraan acara.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengapresiasi peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022 yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Perayaan HKGN di Kaltim, dilaksanakan secara hibrida di 132 lokus yang tersebar di 9 kabupaten/kota.

Gubernur Kaltim, Isran Noor menghadiri secara langsung perayaan HKGN di Samarinda, yang dipusatkan di SDN 008 Awang Long, Kelurahan Pasar Pagi, Senin (12/09).

Kegiatan HKGN di SDN 008 Samarinda juga dihadiri oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kaltim, dr. Jaya Mualimin, Kadinkes Kota Samarinda Ismed Kosasih, dan Kepala Disdikbud Samarinda, Asli Nuryadin.

Dalam sambutannya, Isran mengatakan peringatan HKGN ini menjadi momentum untuk menjaga kesehatan anak sebagai penerus bangsa.

“Saya bahagia dan bangga atas dilaksanakannya kegiatan peringatan HKGN. Bahagia karena anak merasa sehat,” ungkap Isran Noor.

Isran melanjutkan, dalam melaksanakan kegiatan kependudukan, pembangunan SDM dari aspek kesehatan menjadi indikator penting. Termasuk kesehatan mulut dan gigi.

“Karena gigi itu alat kita untuk menghancurkan lawan-lawan kita. Gigit hewan, seperti daging sapi, gigit ayam goreng dan gigit yang lain. Asal bukan gigit orang,” kata Isran sambil bercanda yang diikuti tawa seluruh hadirin.

Orang nomor satu Benua Etam ini juga mengapresiasi Pengurus Wilayah PDGI Kaltim yang telah sukses menggelar peringatan HKGN, acara tersebut dirangkai dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk mendongkrak cakupan vaksinasi Campak dan Rubella di Kaltim.*

(yk/ar/ant)

TerPopuler