Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022 -->

Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022

30/09/2022, 9/30/2022
Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022.
Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022
Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022. (BengkayangKAPUAS/Rinto Andreas)
BengkayangKAPUAS, Kalbar -- Kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari proses penyusunan dan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja tahun anggaran 2022.

Dimana pada tanggal 7 September 2022 yang lalu telah disampaikan nota keuangan tentang rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022.

Kemudian pada tanggal 12 September 2022 telah dilaksanakan rapat Paripurna pandangan umu fraksi atas nota pengantar Bupati terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun anggaran 2022.

Adapun yang hadir dalam rapat paripurna pengambilan keputusan Raperda APBD Perubahan tahun 2022 diantaranya, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang,Wakil Bupati Bengkayang, Forkopimda atau yang mewakili,Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang,Inspektur Kabupaten Bengkayang, Sekretaris DPRD Kabupaten Bengkayang, Staf Ahli Bupati,Kepala Badan, Kepala Dinas,di Lingkungan Pemerintah kabupaten bengkayang, Kepala Instansi Vertikal Se-kabupaten bengkayang,dan Para Camat Se-kabupaten bengkayang.
Berita Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022
Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD Perubahan 2022. (BengkayangKAPUAS/Rinto Andreas)
Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis juga menyampaikan pada tanggal 14 September 2022 telah dilaksanakan rapat Paripurna jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun anggaran 2022.

Dan telah dilakukan pembahasan bersama antara badan anggaran DPRD kabupaten bengkayang,dengan Tim anggaran pemerintah kabupaten bengkayang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Dalam proses pembahasan telah dilakukan kunjungan kerja, konsultasi dan koordinasi kepada pemerintah yang lebih tinggi serta lembaga terkait dalam rangka mencari Solusi dan Referensi untuk kepentingan anggaran.

Agar tidak bertentangan dengan ketentuan yang lebih tinggi serta dalam rangka untuk menyamakan persepsi yang berbeda.

"Demi terciptanya komitment yang sama terkait dengan kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan demi tercapainya visi dan misi daerah yang telah ditetapkan," kata Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis.

"Sementara proses pembahasan saya nyakin dan percaya telah terjadi dinamika dan berbagai pandangan berbeda terhadap Regulasi dan kebijakan yang sudah tertuang dalam rancangan peraturan daerah,tentang anggaran perubahan anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun anggaran 2022," kata Bupati Bengkayang.

Lanjut kata Bupati, oleh sebab itu perlu adanya satu pandangan yang sama demi kepentingan masyarakat kabupaten bengkayang,berbagai perbedaan dan pandangan hari ini dapat diselesaikan bersama, sehingga terciptanya persepsi yang sama terhadap Regulasi dan kebijakan daerah.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menyampaikan pada hari ini rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun anggaran 2022 dapat disetujui bersama.

"Saya percaya bahwa rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022 ini," kata Darwis.

Selanjutnya, Bupati Bengkayang menyampaikan ringkasan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun 2022 sebagai berikut:

1. Pendapatan daerah ditargetkan sebesar 1,111 Triliyun Rupiah atau naik sebesar 5% dari target APBD Murni tahun anggaran 2022.

2. Belanja daerah sebesar 1,441 Triliyun Rupiah atau bertambah sebesar 9% dari alokasi belanja dalam APBD Murni tahun anggaran 2022.

3. Berdasarkan proyeksi pendapatan dan belanja daerah sebagaimana yang telah saya sampaikan,Maka dalam perubahan APBD tahun anggaran 2022 terjadi defisit anggaran sebesar 330,438 Miliyar rupiah.

4. Penerimaan pembiayaan daerah sebesar 345,762 Miliyar rupiah dan pengeluaran pembiayaan sebesar 15,323 miliyar rupiah.

"Dengan demikian terdapat pembiayaan netto sebesar 330,4 miliyar rupiah,dan pembiayaan netto inilah yang akan digunakan untuk menutupi Defisit Anggaran sebagaimana yang disampaikan sebelumnya," terangnya.

"Rancangan perubahan Anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun 2022,telah disetujui bersama pada hari ini,maka proses penetapan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun 2022 masih memerlukan waktu yang cukup panjang. Dimana rancangan daerah ini harus di Evaluasi oleh Gubernur Kalimantan Barat dan hasil Evaluasi ditetapkan dengan keputusan Gubernur Kalimantan Barat," punkasnya.

Dikatakan Bupati, hasil pembahasan bersama ditetapkan dengan keputusan ketua dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten bengkayang, Tentang persetujuan dewan perwakilan rakyat daerah. 

Dengan komitmen dan kerjasama yang telah terjalin selama ini,saya nyakin bahwa penetapan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bengkayang tahun anggaran 2022 dapat diselesaikan tepat waktu.

Sehingga, kata Bupati, pemerintah kabupaten bengkayang melalui perangkat daerah yang ada, dapat dengan segera melaksanakan program dan kegiatan yang telah dipersiapkan.

Ditambahkan, pada saat ini kita sudah memasuki hari terakhir bulan September tahun 2022, dengan demikian sisa waktu untuk melaksanakan kegiatan kurang lebih tiga bulan lagi. 

Oleh sebab itu, Bupati minta kepada kepala daerah untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan, sehingga kegiatan dan belanja yang telah dianggarkan dapat selesai tepat waktu sehingga dapat dirasakan oleh manfaatnya oleh masyarakat.

Bupati berharap, kepada seluruh kepala OPD dan jajarannya dapat memaksimalkan sisa waktu yang ada guna memacu penyerapan anggaran,baik fisik maupun keuangan, sehingga pada akhir tahun anggaran 2022, penyerapan anggaran dapat dilaksanakan secara maksimal, dan yang tidak kalah penting bahwa pelaksanaan perubahan anggaran APBD tahun anggaran 2022 tidak terjadi kendala dan hambatan sehingga terhindar dari segala permasalahan dikemudian hari.

Penulis : Rinto Andreas

TerPopuler