Pemkab Kapuas Hulu berharap Sandiaga Uno hadir Festival Danau Sentarum -->

Pemkab Kapuas Hulu berharap Sandiaga Uno hadir Festival Danau Sentarum

25/09/2022, 9/25/2022
Pemkab Kapuas Hulu berharap Sandiaga Uno hadir Festival Danau Sentarum
Caption : Panorama wisata Danau Sentarum dan kearifan lokal perahu hias Suku Dayak Tamambalo yang biasanya dilaksanakan setiap Festival Danau Sentarum, di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
BORNEOTRIBUNCOM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Kalimantan Barat berharap agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri pelaksanaan Festival Danau Sentarum pada 22-26 Nopember 2022 mendatang.

"Kami sangat berharap Festival Danau Sentarum dihadiri Menparekraf untuk mendorong potensi wisata Kapuas Hulu," kata Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Mohd Zaini, kepada Antara di Putussibau Kapuas Hulu, Kalbar, Sabtu.

Disampaikan Zaini, pelaksanaan Festival Danau Sentarum di wilayah Kapuas Hulu memang telah mendapatkan persetujuan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan dilaksanakan pada 22-26 Nopember 2022.

Untuk itu, ujar dia, pelaksanaan Festival Danau Sentarum itu perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pihak swasta dan lembaga lainnya seperti NGO atau organisasi nonpemerintah/Ornop.

"Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak kementerian membahas persiapan Festival Danau Sentarum," kata Zaini.

Diketahui, Festival Danau Sentarum merupakan agenda tahunan pemerintah daerah, dengan tujuan untuk mempromosikan potensi wisata di Kapuas Hulu.

Danau Sentarum itu sendiri berada dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum yang berada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Dikatakan Zaini, dalam setiap pelaksanaan Festival Danau Sentarum berbagai kegiatan seni dan budaya juga dilaksanakan dengan mengedepankan kearifan lokal, seperti ada lomba tarian daerah, lomba sampan, festival madu, lomba sampan ada juga perahu hias.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Ismunadi, Senin (12/9) lalu mengatakan potensi wisata Danau Sentarum telah dipromosikan ke 16 negara, melalui video yang dikirimkan oleh Deputi Pemasaran Pariwisata.

Sasaran promosi 16 negara di antaranya Australia, Perancis, Jerman, Belanda, Inggris, Swedia, Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, China, Taiwan, Rusia, Amerika, Kroasia dan Brunei Darussalam.

Dia mengatakan dalam Festival Danau Sentarum mendatang akan menampilkan kearifan lokal potensi alam Kapuas Hulu seperti karnaval adat budaya, parade minum kratom madu, lomba perahu bidar khas Kapuas Hulu, lomba duta wisata, lomba cipta kreasi tarian daerah, susur danau, panen madu danau, lomba OR tradisional gasing, lomba menyumpit, bersepeda di jantung borneo, lomba motor cross, hiburan rakyat, eksplor danau sentarum, konser etnik musik sape, hiburan artis ibu kota dan daerah dan ritual adat suku di Pulau Melayu.

(yk/ant)

TerPopuler