CMI Gunakan Energi Hijau Sebagai Wujud Komitmen ESG -->

CMI Gunakan Energi Hijau Sebagai Wujud Komitmen ESG

24/09/2022, 9/24/2022
salah satu panel surya yang terpasang di wilayah pertambangan CMI
Salah satu panel surya yang terpasang di wilayah pertambangan CMI. (BorneoTribun/Muzahidin)
BorneoTribun Ketapang, Kalbar - PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) bagian dari Harita Group yang bergerak dibidang pertambangan berupaya memenuhi komitmen dalam menerapkan aspek bisnis yang lestari dan berkelanjutan.

Dengan mengedepankan keseimbangan praktik operasional dengan kinerja lingkungan, sosial dan tatakelola perusahaan yang baik. 

Senior GM Operation CMI, Boni Subekti menjelaskan salah satu wujud nyata pemenuhan komitmen tersebut adalah dengan menggunakan energi ramah lingkungan ataupun energi baru terbarukan berupa pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada dua wilayah operasi pertambangan atau WP. 

"Pemasangan PLTS ini merupakan bagian dari komitmen ESG perusahaan dalam pencapaian Sustainable Development Goal (SGD's), khususnya point 7 tentang energi bersih dsn terjangkau. Serta point 
13 tentang Penanganan Perubahan Iklim," kata Boni, Sabtu (24/09/22).

Boni menuturkan, kapasitas listrik tenaga surya yang mampu dihasilkan di areal Wilayah Pertambangan (WP) Air Upas sebesar 19,1 KWP.  Sementara WP Sandai dengan kapasitas 34 KWP. 

Jika ditotal pemakaian listrik kedua WP tersebut setara dengan 56.762 KWH per tahun.

Ia berharap, penggunaan listrik tenaga surya ini mampu bertahan hingga 20 tahun. "Diharapkan PLTS dapat bekerja sampai dengan 20 tahun kedepan,"kata Boni. 

Menurut Boni, penggunaan listrik tenaga surya ini sebagai satu langkah awal CMI mengurangi dampak emisi karbon dunia. 

CMI bertransformasi dari penggunaan energi berbasis fosil yang semakin langka dan mahal dengan energi ramah lingkungan yang efisien dengan pemanfaatan energi matahari yang merupakan energi terbarukan dan tersedia di seluruh Indonesia.

"Saya optimis kedepannya CMI dapat lebih mengimplementasikan percepatan transisi energi dan mendukung target pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissi," pungkas Boni.

Reporter: Muzahidin

TerPopuler