Warga di Sintang Kalbar deklarasi stop buang air besar sembarangan - Kapuas News

05/08/2022

Warga di Sintang Kalbar deklarasi stop buang air besar sembarangan

Bupati Sintang Jarot Winarno menandatangani Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.
Bupati Sintang Jarot Winarno menandatangani Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

KAPUASNEWS.id Sintang, Kalbar - Warga di Desa Sepulut, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, deklarasi stop buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) sebagai wujud untuk menerapkan pola hidup sehat.

"Dengan deklarasi ODF masyarakat harus mengubah pola hidup dengan menerapkan perilaku hidup sehat," kata Bupati Sintang Jarot Winarno saat menghadiri deklarasi ODF Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk, Sintang, Kamis.

Ia mengatakan, masyarakat di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk itu berhasil mengubah perilaku, dengan tidak lagi buang air besar di sembarang tempat, serta menerapkan rajin cuci tangan pakai sabun.

Dia mengakui untuk mengubah perilaku dalam kehidupan guna menerapkan pola hidup sehat merupakan perjuangan cukup berat, karena perlu kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

"Saya ucapkan selamat untuk masyarakat Desa Sepulut yang sudah berjuang dan berhasil deklarasikan stop buang air besar sembarangan," ucapnya.

Jarot mengatakan, dengan menerapkan hidup sehat salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi, karena berbicara hidup sehat tidak hanya stop buang air besar sembarangan, tetapi juga menjaga kebersihan makan dan minum.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harsinto Linoh menyebutkan Desa Sepulut merupakan desa ke empat yang sudah mendeklarasikan diri menjadi desa ODF dari 40 desa yang ada di Kecamatan Sepauk.

Dia berharap jangan hanya deklarasi saja, namun perilaku buang air sembarangan juga harus diubah, terlebih sudah mendeklarasikan diri sebagai desa ODF ke empat di Kecamatan Sepauk.

"Mengubah perilaku itu tidak mudah dan tidak bisa dikerjakan sendiri oleh desa, kalau tidak ada bantuan dari semua pihak termasuk masyarakat," kata Harsinto. (ANT)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments