Masyarakat Bengkayang Kalbar bentangkan Bendera Merah Putih 77 meter -->

Masyarakat Bengkayang Kalbar bentangkan Bendera Merah Putih 77 meter

17/08/2022, 8/17/2022
Masyarakat di Serindu membentangkan Bendera Merah Putih saat memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di desa tersebut.
Masyarakat di Serindu membentangkan Bendera Merah Putih saat memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di desa tersebut. (KAPUASNEWS.id/RA/Antara/DD)
KAPUASNEWS.id Bengkayang, Kalbar - Masyarakat di Desa Serindu, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat memiliki cara tersendiri dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI yakni dengan membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 77 meter di Bukit Serindu.

"Pengibaran bendera raksasa tersebut sebagai salah satu di antara bentuk kecintaan dan semangat nasionalisme masyarakat dengan peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI," ujar Kepala Desa Serindu, Tiong saat dihubungi di Bengkayang, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa dalam proses pemasangan bendera di atas Bukit Serindu, ratusan masyarakat ikut berpartisipasi dengan antusias dan bangga.

"Dalam membentangkan bendera merah putih tersebut ratusan pelajar dan masyarakat setempat dengan penuh semangat ikut meramaikan dan arak-arakan membantu proses pengibaran bendera tersebut, meski di tengah terik matahari," kata dia.

Ia menyampaikan, Bendera Merah Putih raksasa tersebut terbagi menjadi dua, satu bendera dibawakan para guru berukuran 45 meter, dan bendera kedua berukuran 77 meter dijunjung para pelajar berjalan kaki menuju daerah perbukitan di desa setempat.

"Pengibaran sang saka merah putih itu pun turut diikuti oleh Wakil Bupati Bengkayang, dan didampingi Forkopincam," tambahnya.

Tiong berharap, pada hari Kemerdekaan ke-77 RI yang jatuh pada 17 Agustus 202, Kabupaten Bengkayang dapat terus tumbuh maju dan lebih baik. Sehingga perekonomian dan pembangunan selaras dengan usia kemerdekaan Indonesia saat ini.

Dalam pengibaran Bendera Merah Putih berukuran besar di Bukit Desa Serindu tersebut mendapatkan pengawasan ketat dari aparat kepolisian.

(RA/ANT/DD)

TerPopuler