Berita Kapuas Hulu: Banjir Melanda Sejumlah Daerah di Perhuluan Sungai Kapuas - Kapuas News

26/08/2022

Berita Kapuas Hulu: Banjir Melanda Sejumlah Daerah di Perhuluan Sungai Kapuas

Berita Kapuas Hulu: Banjir Melanda Sejumlah Daerah di Perhuluan Sungai Kapuas
Sebuah mobil dinas milik Pemkab Kapuas Hulu terseret banjir saat perjalanan bersama rombongan Wakil Bupati Kapuas Hulu dalam rangka kunjungan kerja di Kecamatan Boyan Tanjung wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis (25/8/2022).
BorneoTribun, Kapuas Hulu -- Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengimbau kepada masyarakat setempat untuk siaga dan waspada bencana banjir, sebab saat ini debit air di perhuluan Sungai Kapuas di daerah tersebut meluap dan sudah merendam sejumlah dataran rendah.

"Saat ini sejumlah desa di lima kecamatan sudah mulai terendam banjir, sedangkan debit air di kawasan hulu (perhuluan) Sungai Kapuas juga meluap, masyarakat harus waspada," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis malam (25/8).

Sebuah mobil dinas milik Pemkab Kapuas Hulu terseret banjir
Sebuah mobil dinas milik Pemkab Kapuas Hulu terseret banjir saat perjalanan bersama rombongan Wakil Bupati Kapuas Hulu dalam rangka kunjungan kerja di Kecamatan Boyan Tanjung wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis (25/8/2022).
Selain itu, Gunawan juga meminta agar pihak kecamatan dan desa selalu melaporkan perkembangan banjir dan kejadian di wilayah masing-masing, hal tersebut untuk menentukan langkah apabila terjadi hal-hal darurat.

Menurutnya, banjir yang terjadi mulai dari perhuluan Sungai Kapuas seperti di Tanjung Lokang, Beringin Jaya, Nanga Erak dan Lunsara wilayah Kecamatan Putussibau itu diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi.

Saat ini debit air dipermukaan daratan bervariasi antara setengah meter hingga satu meter.

Selain itu, banjir juga sudah mulai merendam sejumlah desa di Kecamatan Pengkadan, Bunut Hulu, Boyan TanjungTanjung, Kalis dan Kecamatan Putussibau Selatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat juga mengimbau kepada masyarakat daerahnya untuk waspada dan siaga serta mengutamakan keselamatan.

"Masyarakat kami minta siaga dan bagi yang berpergian dalam perjalanan harus waspada banjir, jaga keselamatan," pesan Wahyudi.

Dia menuturkan, sejumlah daerah di Lintas Selatan wilayah Kapuas Hulu juga sudah terendam banjir, bahkan satu mobil dinas yang digunakan Kepala Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Kapuas Hulu sempat terseret banjir saat dalam perjalanan kunjungan kerja di Kecamatan Boyan Tanjung.

"Mobil itu dibelakang mobil saya, karena air cukup dalam mobil tersebut pun terseret dan saya reflek turun dari kendaraan untuk membantu menyelamatkan mobil. Kami sekuat tenaga mendorong mobil ke tempat yang dangkal," tuturnya.

Oleh sebab itu, dengan kondisi cuaca saat ini, curah hujan cukup tinggi, masyarakat harus siaga banjir.

"Kita khwatir banjir besar, makanya masyarakat harus waspada dan siaga, jangan panik tetap utamakan keselamatan," pesan Wahyudi.

(TT/ANT/YK)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments